cara buat keripik jamur tiram

Buat Cemilan Sehat Dari Jamur Tiram yang Gampang Banget

Haloo guys! Artikel kali ini saya akan berbagi tips nih. Bagaimana cara buat keripik jamur tiram yang krispi enak dan juga gurih dijamin deh bikin nagih.

Selain jamur tiram, jamur lain juga bisa diolah jadi keripik loh anda bisa menbacanya disini cara membuat keripik jamur, di artikel itu juga terdapat analisis usaha keripik jamur loh.

Nah untuk anda yang tertarik dengan usaha keripik jamur ini tapi model yang anda punya sedikit jangan bersedih. Untuk produksinya anda bisa menggunakan alat masak yang ada di dapur kalian. Anda hanya perlu membeli alat perekat plastik atau hand sealer untuk pengemasannya.

Apa sih Hand sealer ini? Alat ini berguna untuk merekatkan plastik, sehingga keripik yang ada di dalamnya tidak kemasukan udara luar yang menyebabkan keripik tidak renyah lagi.

sebelum saya jelaskan bagaimana cara buat keripik jamur tiram, udah tau belum nih manfaat dari jamur tiram itu sendiri? simak kuy

Kandungan Gizi Jamur Tiram

Saat ini jamur menemukan berbagai jenis, bentuk, dan ukuran yang berbeda-beda di pasaran sangatlah mudah. Mungkin saja anda juga pernah sesekali atau bahkan sering, sulit untuk membedakan jenis jamur jadi sering tertukar saat menyebut nama jamurnya.

Dari banyaknya jenis jamur yang tersedia, jamur tiram merupakan salah satu jamur yang seringkali dimakan karena rasanya yang bisa dikatakan enak dan juga proses pengolahannya yang cukup mudah.

Jamur yang terkenal dengan ciri utamanya ini yang mirip bentuk kipas dan warnanya yang putih, dapat diolah jadi berbagai macam makanan sesuai dengan selera anda.

Selain diolah dengan cara digoreng menggunakan tepung, jamur yang satu juga dapat ditumis ataupun dimasak jadi sup bersama dengan sayur-sayuran yang lain. Bahkan, beberapa orang juga suka mengolahnya sebagai pengganti daging, contohnya menjadi pepes jamur.

Kalau rasa sudah nggak diragukan lagi kan, bagusnya sih jangan hanya tahu rasanya yang enak saja. Apakah anda tau dan memahami sepenuhnya nutrisi apa saja yang ada dalam jamur tiram ini?

Pada Jamur tiram yang memiliki berat sekitar 100 gram (gr) dapat menyumbangkan:

  • 30 kalori energi
  • 1,9 gr protein
  • 0,1 gr lemak
  • 5,5 gr karbohidrat
  • serta 3,6 gr serat.

Tidak hanya sampai di situ saja, anda juga akan mendapat berbagai macam asupan vitamin dan juga mineral saat memakan jamur tiram ini. Mulai dari vitamin B, vitamin D, kalsium, zat besi, natrium, fosfor, kalium, tembaga, dan juga seng.

Tidak heran kan jika jamur tiram termasuk dalam bahan makanan sehat yang pantas untuk anda pertimbangkan pemakaiannya.

Cara Buat Keripik Jamur Tiram

Bahan – Bahan Untuk Membuat Keripik Jamur Tiram

  • 4 bungkus jamur tiram
  • 2 siung bawang putih
  • 5 sdm tepung terigu
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 2 sdm tepung meizena
  • Minyak goreng

Cara Buat Keripik Jamur Tiram

  1. Cuci bersih jamur tiram, setelah itu peras jamur hingga tidak berair lagi. Suwir jamur sesuai dengan ukuran sesuai selera anda.
  2. Haluskan bawang putih, setelah halus campur bersama jamur tiram, masukkan juga garam dan gula. Aduk jamur tiram dengan diberi sedikit tekanan agar bumbunya meresap. Jangan lupa lupa untuk memeriksa rasanya, jika dirasa masih ada yang kurang anda bisa menambahkan bumbu.
  3. Setelah itu campurkan kedua tepung yang sudah disiapkan tadi sampai merata pada tempat yang berbeda berbeda, pastikan dasar wadah yang dipakai datar.
  4. Peras jamur kembali agar nanti mendapatkan hasil yang krispi saat penggorengan. Selanjutnya masukkan jamur ke dalam tepung dan bedaki jamur hingga terbalur sempurna.
  5. Masukkan minyak ke dalam wajan dan nyalakan api sedang. Setelah minyak sudah panas masukkan jamur yang sudah di saring dari tepung tepung tadi.
  6. Goreng jamur sembari di aduk terus menerus hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan jamur agar minyak nya tidak ikut dengan keripik terlalu banyak.
  7. Keripik siap dinikmati atau anda bisa menyimpannya di toples

Nah gampang banget kan guys cara buatnya semoga bermanfaat dan membantu ya. Terima kasih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *