Categories
Uncategorized

Tips Jadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

tips-jadi-pengusaha-sukses-dengan-modal-kecil

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan sedikit mengenai tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil yang bisa kamu terapkan bagi kamu yang ingin menjadi pengusaha sukses. Menjadi pengusaha sukses adalah impian bagi setiap para pelaku bisnis.

Mereka akan berupaya mencari cara menjadi pengusaha sukses yang berhasil. Salah satunya adalah dengan meniru cara-cara yang sudah diterapkan dan sukses dilakukan oleh para pengusaha yang sudah mendulang sukses sebelumnya.

Memulai sebuah bisnis mungkin memang membutuhkan modal dan biaya yang tidak sedikit, tapi sebenarnya untuk tetap bertahan dan berkembang dibutuhkan lebih dari sekedar kemampuan finansial. Maka tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil sebagai berikut:

1. Tentukan Jenis Usaha

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa sukses meski dengan menggunakan modal yang kecil ialah dengan menentukan jenis usaha yang akan digeluti. Meski saat ini ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kamu jalankan, akan tetapi belum tentu kamu cocok dengan jenis usaha tersebut.

Nah, bagi kamu pemilik modal kecil, bukalah usaha sederhana terlebih dahulu seperti usaha makanan ringan, warung sembako atau lainnya yang hanya membutuhkan modal kecil. Tentu tidak menutup kemungkinan jika kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika tekun dalam menjalaninya.

2. Keluar dari zona nyaman

Sering kali para pebisnis pemula hanya berkutat di zona nyaman mereka saja tanpa mau mencoba hal-hal baru lainnya. Terkadang hal semacam itulah yang sering membuat mereka gagal.

Keluar dari zona nyaman akan membuat pebisnis terbuka matanya untuk melihat dan mencoba hal yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Terlebih lagi untuk usaha bisnisnya, biasanya para pelanggan lebih menyukai sesuatu yang sifatnya dinamis.

Itu disebabkan manusia cepat merasa bosan, sehingga kamu harus berinovasi dalam bisnis yang dijalankan dengan cara keluarlah dari zona yang buat kamu berdiam di situ saja. Pengusaha merelakan waktunya untuk dapat mengerjakan beberapa hal yang sangat berguna untuk mengembangan usahanya.

Bahkan banyak diantara mereka untuk mencoba lagi dan lagi karena belum berhasil dengan langkah pertamanya. Sehingga jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses siapkan waktu kamu untuk menghabiskan dalam segala hal yang berhubungan dengan bisnis kamu.

3. Tentukan target pasar

Pengusaha sukses mengetahui siapa target pasar untuk produknya. Kamu harus dapat menentukan sigementasi pasar terhadap produk kamu. Mulailah dengan membuat tabel, siapa pengguna produk kamu? Berapa usia pengguna?

Dan masih banyak lagi pertanyaan yang bisa kamu munculkan untuk mendapatkan pelanggan kamu. Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai untuk menganalisa dan menentukan target pasar.

Meski kamu mempunyai produk dengan kualitas terbaik, namun, jika kamu tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan.

4. Hitung Modal yang Harus Dikeluarkan

Langkah berikutnya ialah dengan menghitung modal yang harus kamu keluarkan. Terlebih, jika kamu para pemilik modal kecil, hal satu ini harus dipertimbangkan dengan baik. Lakukan perhitungan dengan teliti. Perhatikan dengan baik hal-hal apa saja yang harus kamu beli agar modal yang harus dikeluarkan tidak terlalu besar.

Jika dirasa modal yang harus Kamu keluarkan masih terlalu besar, maka Kamu bisa mencari alternatif lainnya untuk memangkas modal yang harus Kamu keluarkan.

5. Hemat Biaya Operasional yang Bisa Ditekan

Bukan hal mudah untuk bisa menjadi wirausahawan sukses hanya dengan modal kecil. Mengelola keuangan menjadi salah satu kunci bagi Kamu untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Nah, tahukah Kamu jika dalam menjalankan sebuah usaha, ada yang namanya biaya tetap dan biaya variabel. Untuk biaya tetap, tentu Kamu sudah tidak bisa mengotak-atiknya lagi. Namun, biaya variabel masih bisa Kamu ubah sesuai dengan jumlah modal yang dimiliki.

Untuk menyiasati modal yang kecil, Kamu bisa menekan seminimal mungkin biaya variabel agar pengeluaran yang harus Kamu keluarkan tidak terlalu membengkak.

6. Tidak Perlu Merekrut Karyawan

Jika Kamu baru memulai usaha, alangkah baiknya untuk tidak merekrut karyawan terlebih dahulu. Namun, jika Kamu tetap membutuhkan bantuan dari orang lain untuk usaha yang Kamu jalankan tersebut, pastikan bahwa Kamu tidak merekrut terlalu banyak karyawan.

Dengan demikian, Kamu bisa menekan biaya pengeluaran seminimal mungkin dan menggunakan uang tersebut untuk keperluan lainnya. Nah, satu tips yang bagi Kamu yang ingin membuka sebuah usaha, alangkah baiknya untuk menjalankan usaha sendiri.

Selain bisa menekan biaya pengeluaran, hal tersebut juga membuat Kamu bisa menikmati segala proses dalam memulai sebuah usaha. Hal tersebut pun bisa membuat Kamu bisa membaca keinginan pasar dengan mudah dan mencari jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi.

Lantas bagaimana strategi dan kiat-kiat khusus untuk mencapai puncak karir menurut kamu? Langkah-langkah kecil yang kamu putuskan dan terapkan pada saat ini tentu saja sangat menentukan nasib karir kamu di masa depan.

Akankah kamu hanya berjalan di tempat ataukah melalui berbagai progress sehingga mencapai puncak kejayaan, semua di tangan kamu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Aaaaaaaammiiiiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *