Categories
Uncategorized

Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Hai, teman teman kali ini akan aku jelaskan tentang artikel yang berjudul sabut kelapa sebagai media tanam.

Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Sabut Kelapa Sebagai  Media tanaman

Media tanam sabut kelapa hanya dapat kita gunakan untuk jenis tanaman tertentu.Tanaman yang dapat kita gunakan yaitu tanaman hidroponik dan jenis akar yang suka air.

Mengapa begitu, karena media tanam sabut kelapa ini sangat banyak menyerap air dari pada media tanah yang lebih lama menyerap kadar udara.

Berikut Macam-macam Cara Menggunakan Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

  • Sabut kelapa sebagai media tanam pencangkokan

Pencangkokan merupakan suatu hal untuk mendapatkan anakan atau bibit, hasil antara persilangan dengan teknik ini, bibit yang akan dihasilkan bersifat sudah dewasa sehingga lebih cepat dari atas atau berbuah.

Pencangkokan juga akan memperbanyak hasil dari tanaman sebagai bentuk dari pembudidayaan sebuah tanaman dan pohon yang hampir punah.

cara pencangkokan

Alat dan Bahan:

  1.  Pisau yang tidak berkarat
  2. Plastik
  3. Tali rafia
  4. Sabut kelapa
  5. Tanah subur
  6. Udara dengan campuran nutrisi

Langkah-langkah pencangkokan:

  1. Pilih salah satu pohon di sekitar rumah kita atau lingkungan sekitar, Pastikan pohon tersebut dapat untuk kita cangkok.
  2.  Pilihlah cabang dari pohon yang berumuran lebih tua dan memiliki sebuah kambium dengan diameter paling tidak sekitar 2 cm. Pilih batang yang lurus agar mudah untuk mencangkoknya.
  3. Sayat dari sebuah batang yang akan dicangkok secara melingkar dengan panjang tidak 10 cm. Lalu kupas kulit dari batang tersebut hingga terlihat kayu bagian dalam.
  4. Hilangkan kambiumnya dengan cara kita mengerik bagian yang berlendir pada batang pohon.
  5. Kita diamkan selama 10 menit sampai getah dari pohon mengering.
  6. Kemudian kita siapkan tanah yang sudah dibasahi sedikit air dengan nutrisi. Lalu tutup sayatan yang sudah kita kerik tersebut dengan tanah.
  7. Lalu lakukan proses penutupan tanah menggunakan sabut kelapa yang sudah diseterilkan kemudian kita ikat dengan pohon menggunakan tali rafia,
  8. Setelah itu kita hanya perlu menunggu paling tidak 1 bulan untuk melihat apakah proses pencangkokan berhasil atau gagal.
  • Media penanaman cocopeat dari sabut kelapa

Penanaman cocopeat dari sabut kelapa yang sudah diolah oleh pabrik menggunakan mesin pengolah sabut kelapa dan menghasilkan sebuah produk yang dinamai cocopeat ini sering digunakan oleh para petani sebagai media tanam sayuran atau tanaman hias.

Krena cocopeat dipercaya sebagai media tanam dan lebih baik untuk menyuburkan tanaman menjadi lebih hijau.Penggunaan cocopeat ini memiliki berbagai kelebihan untuk tanaman seperti penggunaan air dan mengandung ungsur kalium.

  • Cara menanam tanaman dengan cocopeat

Bahan dan alat:

  1. Cocopeat atau serbuk sabut kelapa
  2. Pupuk
  3. Pot tanaman
  4. Udara
  5. Nutrisi untuk tanaman
  6. Tanaman

Langkah media tanam menggunakan Cocopeat:

  1. Kita tuangkan sedikit Cocopeat ke dalam wadah tanaman atau pot sebagai alas untuk pertumbuhan akar.
  2. Kemudian kita dapat menaruh tanaman ke dalam pot tersebut.
    Lalu tambahkan pupuk organik ke bagian akar tanaman.
  3. Setelah itu kita dapat menambahkan Cocopeat secukupnya ke dalam pot tanaman.
  4. Kita dengan cara penyiraman tanaman dengan udara serta tambahan nutrisi agar tanaman dapat tumbuh dengan tingkat kesuburan yang maksimal.
  • Media pupuk cair sabut kelapa

Disamping untuk pencangkokan tanaman dan media tanam Cocopeat.Kini sabut kelapa juga diolah menjadi sebuah produk olahan dengan nama pupuk cair sabut kelapa.

Pupuk cair sabut kelapa ini diolah dan diproduksi dengan tujuan agar dapat menambah ungsur kalium dalam tanah sehingga bagus untuk tanaman yang ditanam pada media tanah.

Cara penggunaan pupuk cair sabut kelapa:

Alat dan bahan:

  1. Pupuk sabut kelapa
  2. Udara
  3. Gembor

Langkah media pengunaan pupuk cair:

  1. Kita hanya perlu menaruh pupuk dari sabut kelapa ke dalam gembor sebagai alat penyiraman tanaman.
  2. Jika sudah kita dapat menambahkan air sebagai campuran dari pupuk sabut kelapa, pupuk sabut kelapa hingga merata sehingga pupuk sabut kelapa ini dapat mengalir dan meresap ke dalam tanah.
  3. Kemudian setelah tercampur kita sudah dapat menggunakan pupuk cair dari sabut kelapa untuk menyiram tanaman pada media tanah.

Sekian penjelasan saya tentang artikel yang bertemakan sabut kelapa sebagai media tanam bila ada kurang dan salah saya mohon maaf, semoga;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *