Categories
Uncategorized

Proses Pembuatan Virgin Coconut Oil Yang Sehat Dan Berkualitas

Pada era sekarang ini banyak orang ingin membuat virgin coconut oil sendiri. Tetapi banyak yang tidak tau cara proses pembuatan virgin coconut oil itu sendiri.

Virgin Coconut Oil

Virgin coconut oil (VCO) adalah salah satunya produk olahan tanaman kelapa yang berbentuk cair dengan warna bening.

Minyak kelapa murni atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil merupakan modifikasi proses pembuatan minyak kelapa.

Sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum.

Serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu sekitar lebih dari 12 bulan atau 1 tahun.

Berbeda dengan minyak kelapa kopra Itu dibuat melalui proses pamanasan sehingga sifat minyak yang dihasilkan akan berwarna kuning kecoklatan.

Dari perspektif ekonomi, VCO memiliki harga jual yang lebih tinggi dari minyak kelapa kopra VCO lebih menguntungkan untuk dikembangkan.

Cara Pembuatan VCO

1. Pemilihan Buah Kelapa

Pemilihan daging buah kelapa merupakan proses awal pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) dan penentuan jumlah minyak yang akan diproduksi.

Pilihlah buah kelapa yang sudah hampir tua, karena pertumbuhan dagingnya cukup dan tebal maka pemilihan kelapa yang berkualitas adalah juga perlu.

Pada saat kelapa tua, kandungan minyaknya telah berubah menjadi karbohidrat dan pada bagian pangkal kelapa biasanya terdapat gandos yaitu benjolan kecil berwarna kekuningan.

Jika gandonya berukuran besar sebaiknya tidak digunakan karena kandungan minyak pada daging buah sudah mulai berkurang.

2. Buat Santan

Setelah mendapatkan kelapa yang sesuai, selanjutnya mulai membuat santan, santan diolah dengan cara diparut atau diblender.

Kemudian parutan hangat diisi dengan air matang secukupnya, selanjutnya kita bisa memeras kelapa parut dan mencairkan air hangat hangat tersebut.

Setelah diperas dari parutan kelapa bisa menghasilkan santan.

3. Proses Pemisahan Santan

Cara selanjutnya pada proses pembuatan VCO santan dapat dimasukkan ke dalam kantong plastik. Gunakan kantong plastik agar lebih mudah membuang udara yang ada di bawah santan.

Setelah itu tutup kantong plastik dengan menggunakan karet gelang. Kemudian diamkan kurang lebih 1-2 jam, Letakkan di tempat yang rata.

Proses selanjutnya adalah membuat VCO, Setelah dibiarkan akan dibentuk 2 lapis dalam kantong plastik berisi santan. Bagian atas santan kental dan bawah air.

Karena kita tidak menggunakan air, biarkan airnya terbuang melalui lubang plastik yang ada di bawah santan dan segera tutup lubang tersebut bila air pada santan sudah habis.

4. Proses Kedua Memisahkan Santan

Santan kental yang sudah dipisahkan ke dalam wadah plastik bersih dan tertutup. Setelah itu, selama 24 jam santan akan menjalani proses ekstraksi dan membuat minyak mulai terpisah.

Setelah lewat 24 jam, akan terbentuk 3 lapis santan. Lapisan atas adalah minyak, bagian tengah adalah santan atau ampas blondo dan bagian bawah adalah udara.

Memisahkan minyak dari santan membutuhkan kesabaran dan kesabaran karena santan biasanya terbawa dalam minyak sehingga cepat tercium.

Anda dapat menambahkan minyak dengan menggunakan corong yang memungkinkan kain atau tisu saring tanpa pewangi, sehingga membantu mencegah santan atau ampas kelapa terbawa.

Kemudian sendok perlahan dan tuangkan di atas kesaringan. Biarkan minyak menetes perlahan ke dalam botol.

Anda juga bisa menggunakan mesin pembuat VCO. Mesin tersebut bisa membantu anda agar lebih cepat proses pembuatanya.

Manfaat Dari VCO

Jika kamu bisa membuat VCO sendiri, mungkin kemampuan ini bisa menjadi hal yang cukup menjanjikan.

Selain kamu bisa menggunakan minyak yang dibuat sendiri, jika hasilnya bagus, kamu bahkan bisa menjadikan ini sebagai usaha. Apalagi di Indonesia ini ada banyak sekali sumber daya kelapa.

Virgin Coconut Oil ini dikenal memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Selain itu, minyak yang terbuat dari kelapa ini juga menjadi bahan penting yang digunakan dalam industri kosmetik dan kecantikan.

Cara mengkonsumsi virgin coconut oil sangat mudah sekali. Sangat baik di konsumsi untuk menjaga kesehatan. Namun, harus tau cara aturan pakai/konsumsi VCO.

Membuat virgin coconut oil di rumah sangatlah mudah. Tetapi banyak yang tidak tau proses pembuatan virgin coconut oil. Sekarang juga sudah banyak yang jual di supermarket dan toko-toko kelontong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *