Categories
Uncategorized

Mengenal Minyak Atsiri Sereh Wangi Lebih Dalam

Hello everyone! Kali ini saya akan menjelaskan ke kalian semua mengenai minyak atsiri sereh wangi. Untuk mengenal lebih dalam tentang minyak atsiri sereh wangi, yuk simak penjelasan berikut

Minyak Atsiri Sereh Wangi

Sereh merupakan salah satu rempah rempah yang cukup popular di Indonesia. Sereh memiliki manfaat yang sangat banyak yaitu mulai dari mengatasi gangguan pencernaan hingga mencegah kanker. Selain digunakan untuk memasak, sereh juga dapat diolah menjadi minyak atsiri.

minyak atsiri sereh wangi

Minyak atsiri adalah minyak yang diekstrak dari berbagai jenis tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat Kesehatan. Cara membuat minyak atsiri menggunakan alat penyulingan yang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri.

Cara Membuat Minyak Atsiri Sereh Wangi

Alat dan bahan

  • Alat penyulingan
  • Sereh wangi
  • Air

Cara membuat:

  1. Yang pertama yaitu masukkan air kedalam alat penyulingan secukupnya
  2. Kemudian masukkan sereh kedalam ketel suling, isolasi pinggiran ketel untuk mencegah panas mengalir keluar
  3. Setelah beberapa saat, minyak atsiri akanmulai terlihat pada tabung pemisah

Note:

Jika menggunakan 1 ton daun, kamu membutuhkan waktu sekitar 5 jam penyulingan dengan kecepatan 120kg uap / jam

Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Dapur

minyak atsiri sereh wangi

Sereh wangi dan sereh dapur ternyata berbeda lho! Berikut adalah perbedaan sereh dapur dan sereh wangi:

  1. Bentuk daun

Sereh wangi : memiliki bentuk daun yang lebih Panjang yang panjangnya mencapai 90-100 cm

Sereh dapur : memiliki daun yang lebih pendek dengan Panjang 60 cm

  1. Warna batang

Sereh wangi : warna batangnya kemerahan, dan cenderung mengarah pada warna ungu sehingga sereh wangi ini sering disebut dengan sereh merah

Sereh dapur : warna batangnya biasanya berwarna kehijauan dengan warna pangkal batangnya berwarna putih

  1. Aroma

Sereh wangi : kandungan utama yang terdapat pada sereh wangi yaitu berupa citronella, dan apabila diremas daunnya akan mengeluarkan aroma seperti minyak tawon atau minyak telon serta sereh wangi memiliki aroma yang lebih segar

Sereh dapur : sereh dapur memiliki kandungan sitral. Aroma yang dimiliki sereh dapur cenderung khas dan sulit di deskripsikan namun sekilas miliki aroma seperti lemon

Manfaat Minyak Atsiri Sereh Wangi

minyak atsiri sereh wangi

  1. Pengusir serangga alami

Sejak tahun 1948, minyak atsiri sereh wangi telah terdaftar sebagai penolak serangga di Amerika Serikat. Bahkan minyak ini mampu mengusir nyamuk aedes aegypti.

Cara menggunakan minyak sereh wangi ini yaitu dengan mengoleskan setiap 30-60 menit sekali untuk mempertahankan efektivitasnya sebagai pengusir serangga.

Dan kalian juga bisa mencampurkannya dengan beberapa tetes minyak kelapa dan digunakan sebagai lotion. Ataupun dengan cara lain yaitu melarutkan beberapa tetes minyak atsiri sereh wangi kedalam botol spray yang berisi air dan digunakan untuk menyemprotkan pada tubuh kalian atau pada pakaian.

  1. Mengurangi stress

Minyak sereh wangi bermanfaat untuk menenangkan pikiran  dan mengurangi stress serta meningkatkan kualitas tidur kalian. Caranya yaitu dengan mendifusikan di rumah, untuk memijat atau menyemprotkan ke tempat tidur.

  1. Membantu system pencernaan

Minyak ini juga bermanfaat mengurangi peradangan dan membantu detoksifikasi hati, perut, dan usus. Kandungan senyawa tertentu yang terdapat pada minyak atsiri sereh wangi ini dapat mencegah pertembuhan bakteri dalam saluran pencernaan dan mempercepat penyembuhan penyakit hingga luka.

  1. Pembersih dapur

Sifat anti jamur dan sifat anti bakteri kuat yang terdapat pada minyak sereh wangi sehingga dapat membantu membersihkan dapur, kamar mandi atau peralatan rumah tangga lainnya tanpa menggunakan bahan kimia.

Selain itu, kandungan senyawa methyl isoeugenol pada minyak ini efektif mengurangi pathogen dari makanan bahkan hingga bakteri yang berbahaya sekaligus.

  1. Perawatan kulit

Para peneliti menunjukkan bahwa, minyak sereh wangi bisa membantu menyembuhkan dermatitis, megobati eksim, mencegah penuaan dini, menyembuhkan luka bekas gigitan serangga dan mengobati infeksi jamur pada kulit

Efek samping

Menurut U. S Enviromental Protection Agency menyatakan bahwa minyak sereh wangi memiliki toksisitas yang sangat sedikit saat digunakan sebagai obat anti nyamuk yang dioleskan pada kulit.

Dan juga menurut U.S. Food & Drug Administration juga menganggap bahwa minyak ini secara umum aman digunakan secara topical. Minyak sereh wangi telah terbukti sangat aman digunakan bahkan untuk anak anak dan orang yang memiliki kulit yang sensitive.

Meskipun begitu, kalian tetap disarankan menggunakannya dalam jumlah kecil dan sesuai takaran untuk memastikan kalian tidak mengalami reaksi alergi seperti , bengkak, gatal gatal atau kemerahan

Sudah cukup paham bukan mengenai minyak atsiri sereh wangi. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini serta untuk kritik dan saran kalian bisa tuliskan pada kolom komentar

Terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *