Categories
Uncategorized

Resep Camilan Keripik Kulit Pisang Gurih Berkhasiat Tinggi

Keripik Kulit Pisang – Tak asing lagi bagi banyak orang, jajanan berbahan dasar kulit pisang ini memiliki rasa yang gurih dan sangat gurih. Tentunya rasa kulit pisang bisa membuat ketagihan.

Jangan hanya merasakannya. Namun karena nilai gizinya, ternyata juga kaya vitamin A dan B. Seperti yang dicatat mahasiswa Universitas Sumatera Utara ini, USU menyebut Hidayah Fadli sebagai pencipta idenya.

Nah, proses pembuatan keripik kulit pisang rumahan memang rumit. Hanya bahan dasarnya yang dibutuhkan yaitu kulit pisang yang sudah terbukti dagingnya.

Perlu diketahui, bagaimanapun, bahwa kulit pisang yang dibuat dari daging pisang tidak boleh lebih dari 4 jam.

Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Pembuatan Keripik Kulit Pisang:

keripik kulit pisang

 

  • Gunakan 1/2 buah sisir pisang uli sama dengan 7 buah pisang (jenis pisang sesuai selera)
  • Sediakan 100 gram tepung beras
  • Sediakan 1 sdm tepung tapioka
  • Sediakan 1/2 sendok teh garam
  • Gunakan 1/2 sendok teh bubuk bawang putih atau 1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • Sediakan 1/2 sendok teh bubuk ketumbar
  • Ambil 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk (opsional)
  • Ambil air secukupnya
  • Sediakan minyak goreng

 

Cara Menyiapkan Keripik Kulit Pisang:

 

  1. Siapkan bahan-bahannya. Potong kulit pisang, kerok bagian dalam kulit pisang, lalu cuci dengan garam tiriskan.
  2. Campur tepung beras, tepung tapioka, garam, ketumbar, baput dan kaldu ayam ke dalam mangkuk lalu aduk rata. Tuang udara secukupnya hingga kekentalannya sedang. Panaskan minyak. Ambil 1 buah kulit pisang, celupkan ke dalam adonan tepung dan tumis dengan api kecil hingga matang dan renyah.    jangan lupa di balik hingga merata
  3. Setelah matang, angkat minyak yang menempel dan biarkan mengering. Jika perlu, tekan dengan tisu. Melayani. Jika ingin disimpan dalam toples, tunggulah hingga suhu hangatnya hangat, jangan lamban.

 

Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan

keripik kulit pisang

Menghilangkan Jerawat

Kandungan vitamin B, C, B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalium pada kulit pisang efektif menghilangkan jerawat. Tidak hanya itu, kulit pisang juga mengandung antioksidan dan antijamur yang mampu menghilangkan minyak berlebih sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat. Dalam hal ini, Anda bisa mengoleskan kulit pisang di wajah Anda. Kemudian diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Memutihkan Gigi

Kandungan mangan, magnesium, dan potasium pada kulit pisang efektif membantu memutihkan enamel gigi. Dalam hal ini, Anda bisa mengoleskan kulit pisang secara melingkar pada gigi Anda, kemudian membersihkannya dengan cara menggosok gigi. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin!

Memutihkan Wajah

Untuk membantu memutihkan wajah secara alami, Anda bisa mengoleskan kulit pisang pada seluruh permukaan wajah Anda. Gunakan masker semalaman, lalu bilas hingga bersih di pagi hari.

Mengobati Luka

Kulit pisang mengandung antioksidan yang baik dalam membantu proses penyembuhan luka. Dalam hal ini, Anda bisa mengoleskan kulit pisang pada bagian yang terdapat luka, diamkan selama beberapa menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Mencegah Kulit Memar

Kandungan mineral dan antioksidan alami pada kulit pisang dapat membantu proses regenerasi kulit dan mengobati luka memar pada bagian luar kulit. Dalam hal ini, Anda bisa meletakkan kulit pisang di area yang memar, biarkan semalaman. Kemudian bilas dengan air bersih di pagi hari.

Mengobati Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan kulit yang sembuh dengan ruam kulit merah, kering, tebal, bersisik yang mudah terkelupas. Dalam kasus yang jarang terjadi, psoriasis dipenuhi dengan rasa gatal dan nyeri. Untuk mengobatinya bisa menggunakan bahan alami dari kulit pisang.

Mengatasi Migrain atau Sakit Kepala

Kedua penyakit ini seringkali datang secara tiba-tiba. Apalagi jika Anda sedang stres berat. Jika hal ini terjadi, Anda bisa memperbaikinya dengan menumbuk kulit pisang lalu menempelkannya di dahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *