Categories
Uncategorized

Fungsi Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Apakabar sekalian di artikel kali ini aku anak menjelaskan tentang fungsi sabut kelapa untuk tanaman.

Fungsi Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Fungsi Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Sabut kelapa yaitu kulit dari limbah kelapa yang kaya akan guna sebagai bahan-bahan produksi para pengrajin.Tentu kalian tau sabut kelapa memiliki berbagai manfaat yang sering digunakan oleh para masyarakat.

Berbagai kegunaan dari sabut kelapa membuat peluang untuk masyarakat memanfaatkan sabut kelapa sebagai peluang penghasilan ekonomis bagi kalangan masyarakat indonesia.

Sabut kelapa untuk tanaman juga sangat bermanfaat sehingga pengiriman sabut kelapa mencapai luar negeri.Apakah kalian tau berbagai manfaat sabut kelapa untuk tanaman?

  • Sebagai Cocopeat

Cocopeat merupakan serbuk sebuah sabut kelapa yang sudah diolah menggunakan mesin pengolah sabut kelapa oleh kebanyakan industri di indonesia.cocopeat sering digunakan oleh para petani sebagai campuran tanah ataupun tidak.

Cocopeat ini sangat bagus untuk tumbuh kembang sebuah bibit ataupun tanaman.Kebiasaan penggunaan cocopeat ini sering digunakan sebagai pengganti pupuk.

Cara pembuatan cocopeat

Kita dapat untuk mencari sebuah sabut kelapa dari limbah para petani kelapa yang sudah tidak digunakan.Kemudian lakukan proses pencucian sabut kelapa setelah dicuci kita dapat untuk menjemurnya di luar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung,Selesai penjemuran kita dapat untuk menyuwiri sabut kelapa dan potong kecil-kecil kemudian kita dapat untuk menggunakanya sebagai pupuk ataupun bercocok tanam tanaman di sawah dan rumah.

  • Untuk Media Pengganti Tanah

Tentu kita tau bahwa sabut kelapa memiliki ungsur kalium yang sangat tinggi bukan?,Nah sabut kelapa ini oleh masyarakat sering kali dijadikan sebagai media tanam karena dapat menyuburkan tanaman dan membuat pertumbuhanya menjadi optimal.

Yang jelas, sabut kelapa bisa untuk kita manfaatkan sebagai media tanam pertanian. Yaitu dengan kita mengambil bagian sabut dari kulit kelapa dan menggunakannya secara langsung sebagai bahan untuk menanam sebuah tumbuhan.

Ada pula jenis tanaman yang membutuhkan jenis media tanam khusus, sehingga menyerupai atau mirip habitat aslinya. Misalnya tanaman anggrek dan lainya.

  • Sebagai Pupuk Cair

Taukah kalian bahwa sabut kelapa juga bisa digunakan sebagai pupuk cair?,Nah pupuk cair sabut kelapa ini biasanya untuk menyirami tanaman kita disawah agar tanaman kita subur.

Penggunaan pupuk cair sabut kelapa ini sangat menguntungkan kususnya untuk para petani dan pengusaha dari produksi pupuk cair tersebut.

Kelebihan

  1. Kelebihan yang dapat menyerap air dengan baik

Terbilang sabut kelapa memiliki banyak rongga yang membuat sabut kelapa ini dapat begitu banyak menyerap kadar air daripada tanah.Kemampuannya yang dapat menyerap air lebih banyak ini menjadikan tumbuhan menjadi subur.

  1. Memiliki kalium yang sangat tinggi

Sabut kelapa merupakan media tanam yang memiliki kalium tinggi dibandingkan media tanam lainya.Hal tersebut membuat tanaman dapat bertumbuh secara maksimal dengan ungsur kalium yang didapat.

  1. Lebih tahan hama

Beberapa dari jenis hama seperti hama yang berasal dari dalam tanah tidak suka berada dalam sabut kelapa dan hal ini tentunya sangat bagus untuk melindungi tanaman dari gangguan hama penganggu.

  1. Mudah untuk digunakan para pemula

Menanam tanaman dengan sabut kelapa sangat bagus bagi mereka yang baru awal belajar tentang bagai mana menanam tanaman secara hidroponik. sabut kelapa mudah saat pertama kali menanam karena bentuk dan teksturnya yang menyerupai seperti tanah pada umumnya.

Kelemahan

  1. Tidak seteril

Meskipun sabut kelapa tidak mengandung hama tetap saja sebelum digunakan sabut kelapa harus kita sterilkan terlebih dahulu dengan cara kita harus mencucinya dengan air dan mengeringkannya terlebih dahulu dengan paparan cahaya matahari.

  1. Tidak mengandung unsur hara

Walaupun bentuk dan teksturnya sangat mirip dengan tanah, kita perlu mengingat bahwa sabut kelapa tidak mengandung unsur hara apapun sehingga saat kita gunakan sebagai media tanam, perlu untuk kita tambahkan larutan nutrisi dan suplemen yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan untuk tanaman.

  1. Tidak cocok untuk akar tanaman yang tidak suka basah

Karema Cocopeat dapat menahan dan menampung air lebih dibandingkan dengan tanah maka media tanam ini sebaiknya tidak untuk menanam tanaman dengan akar tanaman yang tidak menyukai kondisi basah seperti tanaman kol dan lainya.

Demikian penjelasan saya tentang fungsi sabut kelapa untuk tanaman bila ada salah kata saya mohon maaf,semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *