Categories
Uncategorized

Cara Membuat Rengginang Pakai Terasi!

Kita pasti pernah saat Hari Raya Idul Fitri ketipu sama kaleng biskuit yang ternyata isinya rengginang, hayoo ngaku. Nah pada tau ngga sih disini kalau cara membuat rengginang itu gampang banget? yuk simak cara membuat rengginang terasi.

Sebelumnya udah pada tau belum sih sebenarnya rengginang itu seperti apa? berikut penjelasannya:

5 Fakta Menarik Tentang Rengginang

  • Sejarah Rengginang

Banyak masyarakat yang menganggap kalau rengginang makanan khas dari Betawi. Tetapi, sebenarnya rengginang ini merupakan camilan yang berasal dari Jawa Barat dan juga Banten.

Rengginang dibuat untuk pertama kali pada saat orang zaman dulu akan membuat tapai dari ketan. Namun, salah satu bahannya yaitu ragi mereka sedang kosong atau habis. Karena tidak ada, akhirnya beras ketan yang telah mereka kukus tersebut dibentuk menjadi bulat kecil, lalu dijemur setelah itu digoreng.

Dan ternyata banyak orang yang suka dengan camilan yang satu ini. Hingga sekarang, rengginang masih tetap eksis sebagai salah satu hidangan wajib saat Lebaran tiba.

  • Bahan dasar rengginang

Rengginang ini merupakan camilan yang dibuat dengan bahan baku beras ketan utuh. Beras ketan dicampur dengan bahan lainnya seperti garam dan juga bumbu terasi.

Setelah semua tercampur, kukus rengginang dan dibentuk bulat, lalu rengginang siap untuk digoreng. Agar dapat menghasilkan rengginang yang renyah, rengginang yang masih mentah harus digoreng dengan menggunakan minyak yang sudah sangat panas.

Selain rengginang, kerupuk lain yang menggunakan terasi sebagai bahan tambahannya yaitu kerupuk terasi anda bisa membaca resepnya disini cara membuat kerupuk terasi.

  • Hadir dengan rasa kekinian

Camilan tradisional yang satu ini biasanya disajikan dengan rasa yang gurih ataupun asin saja. Namun pada saat ini, rengginang sudah diolah dengan berbagai macam rasa. Ada rengginang  dengan rasa balado, green tea, cokelat, stroberi, hingga rasa sate ayam loh. Wah bervariasi banget ya, kalau anda sudah pernah mencoba yang mana?

  • Sering ditemukan dalam stoples wafer atau biskuit

Anda pernah nggak sih merasa kesal pada saat menemukan rengginang di dalam stoples kaleng pada saat Lebaran? Ternyata hal tersebut ada alasannya loh guys.

Biasanya dalam pembuatan rengginang dibuat dengan jumlah yang banyak dan sering kehabisan wadah atau tempat untuk menyimpan rengginang tersebut.

Jadi, rengginang ini harus disimpan di dalam stoples yang memiliki ukuran besar dan juga dapat tertutup rapat. Dan akhirnya, banyak orang yang menyimpannya di dalam stoples bekas wafer ataupun biskuit yang isinya sudah habis, agar rengginang tetap renyah.

Nah daripada anda menggunakan toples bekas wafer ataupun biskuit anda bisa menyimpan rengginang pada plastik khusus makanan yang di rekatkan. Anda bisa menggunakan mesin hand sealer, hand sealer merupakan alat perekat plastik yang beertujuan agar tidak ada udara yang masuk ke dalam dan makanan tetap renyah.

Anda bisa membelinya disini hand sealer.

  • Simbol persatuan

Di balik rasanya yang enak, gurih dan renyah, ternyata rengginang juga mempunyai filosofi yang sangat menarik loh. Rengginang merupakan simbol dari persatuan, karena makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari butiran – butiran beras ketan yang menempel satu sama lain. Jadi, saling menyatu dan juga tidak mudah untuk terpecah belah.

Cara Membuat Rengginang Terasi

cara membuat rengginang terasi

 

Bahan – Bahan membuat Rengginang Terasi

  • 250 gram beras ketan
  • Air (kurang lebih 100 ml)
  • Garam (secukupnya)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt terasi bakar (haluskan)

Cara Membuat Rengginang Terasi

1. Langkah pertama anda harus merendam beras ketan kurang lebih selama 30 menit. Apabila sudah 30 menit, angkat dan tiriskan.

2. Siapkan panci yang akan anda gunakan untuk mengukus beras ketan yang tadi sudah ditiriskan. Kukus beras ketan kurang lebih 15 menit. Angkatlah beras ketan setelah itu sisihkan sebentar.

3. Pada panci yang berbeda, rebuslah air dan juga tambahkan garam, bawang putih dan jangan lupa terasi. Rebus semua bahan itu sehingga larut di dalam air yang mendidih.

4. Pada saat air mendidih, masukkanlah beras ketan yang tadi ke dalam panci lalu rebus sebentar sembari diaduk hingga airnya menyusut.

5. Kukus kembali beras ketan yang sudah direbus sampai matang dan ketan menjadi empuk. Angkat adonan dan cetak didalam loyang.

6. Anda juga dapat membentuk rengginang dengan bentuk sesuai dengan selera anda.

7. Jemurlah rengginang di bawah sinar matahari agar cepat kering kering. Biasanya, jika matahari terik pada hari itu maka rengginang ini bisa kering dengan waktu satu hari saja.

8. Jika rengginang sudah benar – benar kering dan suhunya sudah dingin, anda bisa menggorengnya. Goreng lah rengginang sampai warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan dan rengginang siap untuk disajikan.

Gampang kan resepnya, semoga bermanfaat ya guys. Terima kasih.

Categories
Uncategorized

Daun Nilam Dapat Menghilangkan Jerawat? Memangnya Bisa?

Hello everyone! Kali ini saya akan menjelaskan manfaat atau kegunaan daun nilam! Bagian tanaman nilam yang sering digunakan untuk diolah menjadi minyak atsiri yaitu daun nilam.

Daun nilam biasanya digunakan sebagai bahan dalam menghasilkan minyak nilam atau minyak atsiri. Minyak nilam juga sering digunakan untuk pembuatan wewangian bahkan hingga dupa.

kegunaan daun nilam

Kegunaan minyak nilam yang lain yaitu dapat digunakan untuk bahan dasar produk kecantikan. Pembuatan minyak nilam dilakukan dengan cara penyulingan yang menggunakan alat destilasi minyak atsiri. Nilam ternyata juga bermanfaat untuk dunia Kesehatan.

Daun nilam dapat direbus dan meminum air rebusan daun nilam untuk mengobati berbagai macam penyakit. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegunaan daun nilam, yuk simak artikel berikut ini

Kegunaan Daun Nilam

Berikut adalah berbagai macam kegunaan daun nilam:

Kegunaan daun nilam untuk Kesehatan

kegunaan daun nilam

  1. Obat bisul

Kandungan yang terdapat pada daun nilam dipercaya mampu mengobati dan meredakan bisul yang menyerang kulit kalian.

Cara penyembuhannya yaitu dengan mengonsumsi rebusan daun nilam, atau kalian menghaluskan daun nilam yang sudah direbus, kemudian kalian balurkan pada bagian yang terkena bisul, dan biarkan sampai mongering.

  1. Menjaga Kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting pada manusia. Apabila ginjal kalian terganggu kesehatannya, maka fungsi organ tubuh yang lain juga akan ikut terganggu dan bisa jadi kalian terkena berbagai macam penyakit.

Dengan kalian mengonsumsi rebusan daun nilam dipercaya dapat membantu menjaga Kesehatan ginjal.

  1. Mengobati sakit kepala

Senyawa yang terdapat pada daun nilam mampu meredakan sakit kepala dan migrain yang kalian derita. Merebus daun nilam kemudian diminum dapat meredakan sakit kepala yang kalian derita.

  1. Mengatasi penyakit disentri

Disentri merupakan penyakit yang diawali dengan gejala diare, mual, muntah, demam, hingga kram pada perut. Selain itu daun nilam juga dapat mencegah tubuh kalian terserang penyakit disentri ini.

  1. Mencegah infeksi

Dengan memanfaatkan daun nilam yang sudah diolah menjadi minyak atsiri dipercaya dapat mengendalikan dan mencegah infeksi pada luka yang kalian alami.

Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak nilam pada bagian yang terluka kemudian diamkan selama beberapa saat lalu membasuhnya dengan air bersih

  1. Melancarkan buang air kecil

Rebusan daun nilam dipercaya dapat mengatasi masalah buang air kecil sehingga aktivitas buang air kecil kalian bisa lancer dan kalian akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh masalah susah buang air kecil

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan senyawa yang terdapat pada daun nilam dapat meningkatkan imun tubuh kita supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Mengonsumsi rebusan daun nilam secara rutin akan membuat tubuh kalian menjadi semakin sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit

Kegunaan Daun Nilam Untuk Kesehatan Kulit

kegunaan daun nilam

  1. Menghilangkan jerawat

Kalian yang mempunyai jerawat, boleh nih di coba dengan membuat masker dari daun nilam. Masker dari daun nilam dapat menghilangkan jerawat yang membandel dan membuat wajah menjadi bersih Kembali.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, kalian harus rutin memakai masker daun nilam ini karena manfaatnya tak akan terlihat jika kalian menggunakan sekali saja.

  1. Mencegah bau badan

Dengan mengonsumsi rebusan daun nilam atau mandi dengan rebusan daun nilam dapat mengatasi masalah bau badan yang seringkali kalian alami loh!

Kandungan minyak alami yang terdapat pada daun nilam ini dipercaya dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan

Kegunaan Daun Nilam Untuk Industry

  1. Untuk bahan penyedap dan penambah cita rasa pada makanan
  2. Digunakan untuk insektisida
  3. Sebagai bahan dalam pembuatan sabun, pasta gigi, lotion, skincare
  4. Untuk membuat pengharum ruangan dan memberi efek penenang
  5. Digunakan sebagai anti septic, anti jerawat, obat ketombe
  6. Mengurangi peradangan
  7. Membantu penderita insomnia agar kualitas tidurnya menjadi lebih baik

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dalam artikel ini. Untuk kritik dan saran, silahkan isi pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih..

Categories
Uncategorized

Yukk cari Tau Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama!!

Hallo semua, balik lagi nih sama aku. Pada kesempatan kali ini aku bakal kasih tau cara menyimpan buah agar tahan lama. Apakah kalian sudah mengetahui nya? Kalau belum, yukk kita simak.

Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama :

Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama

1. Pisahkan Buah Yang Busuk Dengan Yang Lain Terlebih Dahulu

Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama

Saat membeli buah dalam jumlah yang cukup banyak, biasanya seseorang akan mencampur buah yang matang dengan yang setengah matang atau bahkan yang belum matang. Nah, untuk menyimpan buah yang berbeda tingkap kematangannya harus dipisahkan penyimpanannya. Usahakan untuk mengonsumsi buah yang sudah matang sesegera mungkin agar buah tersebut tidak membusuk.

Selain itu, kalian harus rajin mengecek kulkas atau lokasi penyimpanan buah tersebut secara berkala. Sisihkan buah yang sudah matang atau bahkan sudah mulai membusuk. Buah yang matang dapat mengeluarkan gas yang dapat memicu pembusukan pada buah lain. Jadi buah-buahan tersebut dapat menjangkit lainnya seperti halnya penyakit.

2. Simpan Buah Di Tempat Kering

Cara menyimpan buah selanjutnya adalah simpan lah buah-buahan di tempat yang kering. Kelembapan buah harus tetap dijaga karena kandungan air yang akan membuatnya tetap segar. Jika kekurangan air, maka buah akan cepat layu dan kisut akibat adanya penguapan.

Namun, buah harus tetap disimpan di tempat yang kering agar tidak cepat membusuk. Hindari mencuci buah sebelum memasukkan buah tersebut ke dalam kulkas. Taruh buah di wadah tertutup yang sudah dilapisi kertas untuk menyerap embun yang ada di dalamnya.

3. Buah Yang Akan Disimpan Tidak Perlu Dicuci

Cara menyimpan buah selanjutnya yaitu janganlah kalian mencuci buah-buahan yang akan di simpan sampai kalian siap untuk mengkonsumsinya. Sebab, mencuci buah dan sayuran sebelum menyimpannya justru akan membuatnya lebih cepat membusuk. Buah akan menjadi lembab, dan akan mempercepat pertumbuhan bakteri.

4. Simpanlah Buah-buahan Disuhu Ruangan

Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama

Ada beberapa jenis buah-buahan yang lebih baik disimpan pada suhu ruangan, sebelum matang. Contohnya adalah buah pir, persik, plum, kiwi, mangga, aprikot, alpukat, melon, dan juga pisang.

Ketika buah tersebut sudah cukup matang, baru pindahkan buah ke dalam kulkas. Dengan begitu, masa simpannya akan menjadi lebih panjang lagi.

5. Simpan buah sitrus dalam plastik

Buah sitrus seperti jeruk, tangerine, lemon, dan jeruk nipis bisa bertahan selama satu minggu apabila di simpan dalam tempat yang sejuk dan terhindar dari pancaran sinar matahari. Namun kita bisa untuk memperpanjang masa simpannya. Yaitu dengan cara membungkusnya ke dalam plastik kedap udara dan meletakkan dalam kulkas.

Nahh, kalian bisa menggunakan alat yang bernama vacuum sealer untuk membuat plastik yang digunakan untuk menyimpannya menjadi kedap udara. Vacuum sealer merupakan alat pres plastik kedap udara yang akan membuat buah, sayur, makanan anda menjadi lebih awet saat disimpan karena disimpan dengan plastik yang kedap udara.

6. Lapisi Wadah Dengan Tisu

Kalau kalian ingin mencuci, mengeringkan, dan memotong buah sekaligus supaya tidak repot saat ingin menyantapnya, ada satu trik yang bisa kalian lakukan supaya buah yang kalian simpan tidak cepat busuk.

Caranya yaiu dengan simpan potongan buah-buahan tersebut dalam kontainer kaca berwarna bening yang sudah dilapisi dengan menggunakan tisu tebal. Hal ini tidak hanya akan membuat kita selalu ingat untuk menyantapnya, tapi juga bisa meminimalisir kelembaban pada buah tersebut. Sehingga, buah akan menjadi lebih tahan lama.

Nahh, itu dia cara menyimpan buah agar tahan lama. Semoga kalian dapat menerapkannya dan semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Terima kasih!!

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Arang Kayu di Tanah, Ternyata Mudah Loh!

Hallo semuanyaaaa! Selamat datang di artikel saya. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat arang kayu di tanah. Pasti masih ada yang kebingungan kan? bagaimana bisa membuat arang di tanah. Yuk simak penjelasannya!

cara membuat arang kayu di tanah

Cara Membuat Arang Kayu di Tanah

Pembuatan arang kayu dengan metode tungku lubang tanah adalah salah satu teknik tradisional dalam pembuatan arang. Beberapa kelebihan pembuatan arang dengan menggunakan metode tungku lubang tanah, disamping volume kayu yang bisa dibuat – ukuran bahan baku dari kayu limbah yang digunakan bisa relatif lebih besar, dibandingkan dengan menggunakan tungku drum.

Untuk lebih lengkap mengenai caranya, yuk kunjungi artikel cara membuat arang kayu.

Cara Pembuatan

1. Tentukan tempat di mana Anda bisa membuat api.

Pada pembuatan arang kayu dengan menggunakan metode lubang tanah, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi pembuatan lubang tungku. Usahakan lokasi pembuatan lubang terletak relatif terlindung dari pengaruh hujan serta agak landai. Hal ini untuk memudahkan di dalam kegiatan pembuatan arang nantinya.

2. Gali lubang tanah untuk dibuat menjadi tungku.

Ukuran standar yang digunakan untuk lubang tungku adalah 2m x 1m, dengan kedalaman antara 50 – 60 cm. Namun demikian, ketentuan ukuran ini tidak terlalu baku dan dapat dimodifikasi sesuai kondisi yang dijumpai di lapangan. Tetapi perubahan tersebut akan berpengaruh terhadap lama waktu pembakaran, jumlah lubang udara, serta jumlah cerobong asap yang harus dibuat.

3. Siapkan kayu yang akan dibuat menjadi arang.

Bahan baku kayu dari limbah pembukaan ladang yang memiliki diameter lebih besar dari 10 cm serta panjang 50 cm masih dapat dimasukkan ke dalam lubang tungku tanpa dipotong atau dibelah terlebih dahulu. Prinsip sederhana yang perlu diingat, semakin besar ukuran bahan baku kayu yang digunakan maka proses pengarangan semakin lama.

4. Sebelum kayu di susun, sediakan ruang untuk bahan pembakaran.

Pada batas bawah lubang, disediakan ruangan yang cukup untuk serasah dan daun kering sebagai umpan awal pembakaran. Pada batas atas lubang, disediakan tempat untuk meletakkan cerobong asap sebelum tumpukan kayu ditutup dengan serasah, daun, ranting kering, dan tanah.

5. Susun bahan baku/kayu di dalam lubang.

Sebelum bahan baku kayu disusun, pada dasar lubang terlebih dahulu diberi ganjal batang kayu berukuran sedang yang diletakkan secara membujur dari bagian atas lubang ke bagian bawah. Tujuan pemberian ganjal kayu untuk menjaga sirkulasi udara di dalam lubang, sehingga proses pengarangan dapat berjalan baik. Selanjutnya bahan baku kayu disusun melintang diatas ganjal kayu hingga memenuhi lubang. Pemberian ganjal batang kayu pada dasar lubang disusun membujur.

6. Tutup lubang dengan tanah dan lapisan lainnya. 

Sebelum ditutup tanah, dilapisi dengan lembaran daun basah yang disusun saling menyilang – untuk mengurangi suhu panas yang keluar. Setelah bahan baku kayu disusun memenuhi lubang, di sela-sela antara kayu dengan dinding tanah diberi ranting, serasah, dan daun kering sebagai umpan awal pembakaran. Setelah lapisan daun, ranting kering, dan daun hijau menutupi kayu, langkah terakhir adalah menutup dengan lapisan tanah. Papan pembatas bawah – tempat lubang
masuk sirkulasi udara dan pembakaran awal.

7. Setelah tertutup rapat, maka lakukan pembakaran. 

Sebelum dilakukan pembakaran, pertama masukkan ranting atau dahan kering ke dalam lubang tempat pembakaran awal. Kemudian beri sedikit minyak tanah untuk memudahkan penyalaan. Setelah api dinyalakan, jaga agar bara tetap menyala dan merembet ke dalam lubang. Selama proses pembakaran, perlu ada penambahan lapisan tanah agar tidak ada kebocoran lubang udara. Apabila dari cerobong sudah keluar asap, berarti di dalam lubang sudah ada proses pembakaran ranting dan daun. Selanjutnya ditunggu sampai asap yang keluar berwarna putih tebal.

8. Lakukan pembakaran selama 5-6 hari.

Setelah 5 sampai 6 hari proses pembakaran, asap dari cerobong mulai terlihat menipis dan berwarna tipis kebiru-biruan. Hal ini menunjukkan bahwa proses pengarangan sudah hampir selesai. Apabila permukaan lapisan tanah penutup terlihat kering, maka proses
pendinginan bisa dilakukan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah
menutup lubang udara, mencabut cerobong asap dan menutup dengan
tanah. Untuk mempercepat proses pendinginan bisa dilakukan penyiraman apabila tidak terdapat hujan.

9. Setelah selesai, maka dinginkan selama 1-2 hari.

Setelah 1 sampai 2 hari proses pendinginan berjalan dan suhu permukaan tanah tidak panas, lubang bisa dibongkar untuk mengeluarkan arang kayu. Pembongkaran harus dilakukan hati-hati, agar arang kayu tidak hancur dan dapat diambil dalam kondisi utuh. Setelah selesai, lubang tungku bisa digunakan untuk pembuatan arang kembali.

Jika anda masih kesusahan dalam membuat arang, maka gunakan mesin briket arang kelapa.

Demikian artikel tentang cara membuat arang kayu di tanah ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Apabila terdapat kesalahan dalam pengetikan, mohon di maafkan.

Sampai Jumpa di Artikel Yang Selanjutnyaaa!

Categories
Uncategorized

Apakah Kalian Tau Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas? Yukk Simak

Hallo everyone. Pada kesempatan kali ini aku bakalan kasih tau kalian tips cara menyimpan sayuran di kulkas lohh. Kira-kira apa aja yaa tips nyaa. Yukk simak penjelasan di bawah ini.

 4 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet dan Tetap Segar

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas

1. Pilih Sayur yang Masih Segar dan Simpan Dalam Plastik

Sebelum mengenali cara menyimpan sayuran supaya tetap awet, kalian harus terlebih dahulu memilih sayuran yang segar saat kalian membelinya. Ketika membeli sayuran hijau, pastikan jika kalian  membeli sayuran yang masih segar dan baru. Kalian dapat mengetahui sayuran tersebut masih baru atau tidak dari teksturnya yang cukup keras dan tidak layu.

Cara menyimpan sayuran di kulkas yang pertama adalah dengan menjaga tingkat kelembapannya. Kandungan air pada sayuran dan buah harus terus dijaga supaya tahan lama dan tidak cepat membusuk.

Ketika buah atau sayur dipanen, maka akan banyak kandungan air yang hilang akibat penguapan. Jadi, jaga kandungan air yang ada pada sayur atau buah tersebut dengan menyimpannya di dalam plastik yang dilubangi agar sayuran tersebut tetap masih bisa bernafas.

Atau kalian juga bisa menyimpannya di dalam plastik kedap udara agar kandungan air yang ada di dalam sayuran tetap terjaga. Maka dari itu kalian bisa menggunakan vacuum sealer. Vacuum sealer merupakan alat pres plastik kedap udara yang akan membuat sayuran kalian lebih tahan lama karena tidak terkena udara dari luar.

2. Pastikan Kulkas Bersih dan Jangan Simpan di Freezer

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas

Memastikan kulkas bersih juga merupakan salah satu cara untuk menyimpan sayuran di kulkas yang cukup tepat. Kulkas yang bersih akan menjadi hal yang sangat penting agar kualitas makanan tetap terjaga. Suhu pada kulkas itu akan sangat menentukan munculnya bakteri atau tidak.

Idealnya, suhu di dalam kulkas yaitu antara 1 sampai 4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, maka itu dapat menimbulkan bakteri yang nantinya akan memengaruhi rasa dan juga aroma pada makanan. Sementara itu, jika lebih rendah dari suhu tersebut, maka akan membuat sayuran menjadi beku.

Seperti apa yang telah disinggung pada poin sebelumnya, suhu di dalam kulkas itu sangat menentukan penyimpanan sayur-sayuran. Suhu yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat buah dan sayur tidak tahan lama sehingga lebih cepat membusuk. Apalagi jika kamu menyimpan sayuran di dalam freezer, maka sayuran yan kamu simpan akan langsung rusak saat dicairkan.

3. Jangan Cuci Sayuran Sebelum Menyimpannya

Cara menyimpan sayuran di dalam kulkas agar awet selanjutnya adalah dengan tidak mencuci sayuran tersebut sebelum menyimpan. Jika kamu ingin menyimpan sayur atau buah di kulkas, maka pastikan sayur atau buah tersebut dalam keadaan yang kering.

Sayuran dan buah yang basah tidak akan dapat bertahan lama dan lebih cepat rusak jika langsung di simpan di lemari es. Oleh karena itu, cara menyimpan sayuran agar lebih awet yaitu dengan tidak mencucinya terlebih dahulu.

4. Simpan Sayur di Tempat Khusus dan Ambil Sesuai Kebutuhan

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas

Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet berikutnya adalah dengan  menyimpannya ditempat khusus. Kini sudah banyak jenis-jenis tempat penyimpanan untuk sayur, buah dan makanan lain yang mampu menjaga kesegarannya. Pastikan tempat penyimpanan tersebut kedap udara sehingga sayuran akan lebih tahan lama saat disimpan di lemari es.

Itu dia tips cara menyimpan sayuran yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Thank you and see u next time!

Categories
Uncategorized

Aneka Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat Anti Gagal!

Hai teman-teman semuanya, gimana kabar kalian? Bertemu lagi nih, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai seblak lagi yaitu, cara membuat kerupuk seblak kering bantat.

Cara membuatnya juga pasti mudah dan sederhana, selain itu rasanya juga enak. Yukk simak penjelasan di bawah ini sampai selesai ya dan di pahami.

Kerupuk Seblak Kering Bantat

cara membuat kerupuk seblak kering bantat

Makanan yang satu ini terbuat dari bahan utamanya menggunakan kerupuk bawang atau kerupuk pati.

Kerupuk yang di goreng dengan cara khuusus supaya menghasilkan kerupuk yang bantat kemudian di beri bumbu yang menambah cita rasa yang gurih dan bikin nagih.

Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat

cara membuat kerupuk seblak kering bantat

Bahan-Bahan Kerupuk Seblak Kering Bantat

  1. 1 kg kerupuk udang atau ikan
  2. 5 cabe rawit merah
  3. 6 cabe merah keriting
  4. 5 siung bawang merah
  5. 3 siung bawang putih
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. 1/2 sendok teh kunyit bubuk
  8. 2 bungkus bubuk cabe level 30
  9. 1/2 sendok teh garam
  10. 1/2 sendok teh gula pasir
  11. kaldu sapi secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat

  1. Langkah pertama siapkan minyak di dalam wajan kemudian masukkan kerupuk, rendam selama kurang lebih 15 menit.
  2. Jika sudah kemudian nyalakan api kompor, menggunakan api yang kecil saja. Di aduk dan tunggu sampai 20 menit supaya kerupuknya renyah.
  3. Kemudian, siapkan dan di haluskan secara kasar semua cabe, bawang putih, bawang merah bisa menggunakan blender atau ulekan. Campurkan juga bubuk kunyit dan irisan daun jeruk.
  4. Lalu selanjutnya siapkan minyak panas dan tumis bumbu yang sudah di haluskan tadi tunggu sampai sedikit agak kering sedikit.
  5. Selanjutnya masukkan irisan daun jeruk, masukkan penyedap rasa, garam, gula pasir, dan juga bubuk cabe.
  6. Aduk semua bumbu sampai merata semuanya dengan kerupuknya.
  7. Kerupuk seblak kering bantet siap di sajikan dan di nikmati.
  8. Dan bisa juga di masukkan dalam kemasan, kemaslah seblak kering ini menggunakan hand sealer agar aman dan terlindungi dan juga tidak mudah melempem.

Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat

cara membuat kerupuk seblak kering bantat

Bahan-Bahan Kerupuk Seblak Kering Bantat

  1. 500 gram kerupuk bunga
  2. 2 lembar daun jeruk
  3. 200 gram cabe rawit keriting
  4. 10 siung bawang putih
  5. 10 ruas kencur
  6. penyedap rasa sapi atau ayam
  7. minyak goreng secukupnya
  8. cabe bubuk secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat

  1. Pertama-tama rendam kerupuk dengan menggunakan minya goreng kurang lebih selama 1 jam.
  2. Kemudian, sangrai cabe rawit, daun jeruk, bawang putih, dan juga kencur.
  3. Selanjutnya jika sudah kemudian di haluskan menggunakan blender atau bisa juga memakai ulekan.
  4. Siapkan minyak goreng dan panaskan menggunakan api sedang, goreng kerupuk sampai matang.
  5. Lalu, tunggu kerupuk sampai dingin. Jika sudah dingin masukkan bumbu yang sudah di haluskan tadi dan tambahkan penyedap rasa sampai rasanya pas.
  6. Nah selesai! Kerupuk seblak kering bantat sudah bisa di sajikan dan di nikmati.
  7. Bagi kalian yang ingin menjualnya bisa di masukkan dalam kemasan, kemaslah seblak kering ini menggunakan hand sealer agar aman dan terlindungi dan juga tidak mudah melempem.

Jadi, itu dia resep dan cara membuat kerupuk seblak kering bantat yang lezat dan gurih. Pastinya nagih buat di makan di jadiin cemilan.

Nah kalian bisa ikutin langkah-langkah di atas dengan baik, supaya hasilnya baik juga!

Teman-teman juga bisa mengkreasikan sendiri sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing ya.

Buat kalian yang ingin lebih tau resep kerupuk yang lain bisa cek artikel cara membuat kerupuk untuk dijual, cara membuat kerupuk rambak, cara membuat kerupuk kering, dan cara membuat kerupuk dari tepung beras.

Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu teman-teman semuanya.

Selamat Mencoba! Terima kasih!

Categories
Uncategorized

Buat Kerupuk Amplang dari Ikan Tenggiri? Cus Simak Resepnya

Halo Guys! Pasti kalian udah ngga pada asing lagi kan sama yang namanya Kerupuk?.Di Indonesia sendiri jenis kerupuk itu ada banyak banget macamnya. Mulai dari kerupuk gendar, kerupuk mie, kerupuk kulit, kerupuk amplang dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah kali ini saya mau berbagi tips bagaimana cara membuat amplang ikan tenggiri

Kerupuk Amplang juga ternyata punya peluang yang bagus loh untuk dibuat usaha, anda bisa membaca analisis usahanya disini cara membuat amplang.

Nah bagi kalian nih yang ingin memulai usaha kerupuk ini tetapi punya modal kecil nggak usah bingung! kalian bisa menggunakan alat masak yang ada di dapur kalian dalam produksinya.

Anda hanya membutuhkan satu mesin yang dibeli untuk pembungkusannya yaitu alat perekat plastik atau hand sealer.

Alat tersebut berguna untuk merekatkan plastik bungkus kerupuk, apabila anda tidak memakai mesin tersebut besar kemungkinannya plastik bungkus kerupuk akan kemasukan udara luar yang mengakibatkan kerupuk tidak renyah lagi.

Asal Usul Kerupuk Amplang

Sejarah dari kerupuk amplang biasa dikaitkan dengan Kota Samarinda, ibukota dari Provinsi Kalimantan Selatan. Dikarenakan pembuatan Kerupuk Amplang yang berada di kota Samarinda ternyata sudah ada dari tahun 1970an.

Tradisi sebenarnya, kerupuk amplang dibuat dengan menggunakan bahan baku ikan pipih ataupun ikan belida.

Tetapi karena sekarang sudah semakin susah untuk mendapatkan ikan tersebut maka diganti menjadi ikan tenggiri ataupun diganti ikan gabus.

Setelah kerupuk amplang ini terkenal di kota Samarinda, produsen kerupuk Amplang ini meluas sampai ke beberapa daerah di Kalimantan, yaitu seperti Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin hingga sampai ke Sabah, Malaysia.

Pada saat ini Kerupuk amplang merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Provinsi Kalimantan Timur.

Kandungan Gizi Pada Ikan Tenggiri

Kandungan gizi pada kerupuk amplang yaitu sama dengan gizi yang ada pada ikan tenggiri, berikut rinciannya :

Bagian pada Ikan Tenggiri yang dapat anda konsumsi adalah(Bdd / Food Edible) = 100%

Pada sebuah riset menunjukkan bahwa dalam 100 gram daging ikan tenggiri mengandung protein sebesar 21,5 gram, energi 109 kkal, asam lemak 2,6 gram, serta mineral 2,9 gram.

Ikan tenggiri mempunyai jumlah protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan berbagai kacang-kacangan. Dan juga kandungan asam amino yang terkandung di dalam ikan tenggiri mudah untuk dicerna oleh tubuh manusia.

Ikan Tenggiri yaitu salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Kandungan asam lemak tersebut merupakan jenis lemak tidak jenuh yang berperan untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh anda.

Kandungan gizi lainnya yaitu sumber asam lemak omega 3 pada ikan tenggiri juga mempunyai berfungsi untuk menurunkan angka kolesterol dan juga menutrisi serta menyehatkan otak manusia.

Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri

Bahan – Bahan Membuat Amplang

  • 500 gr daging ikan tengiri yang sudah dihaluskan.
  • 1-2 kg tepung tapioka
  • 5 butir telur
  • 40 gr garam
  • 100 gr gula halus
  • 21 gr soda kue
  • 27 gr penyedap rasa
  • 400 ml Air
  • 4 liter minyak goreng

Cara Pembuatan Amplang Ikan Tenggiri

  1. Campurkan daging ikan, Penyedap rasa, Air, Soda kue, telur, dan juga garam sampai homogen, anda bisa menggunakan mixer untuk mencampurnya. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit.
  2. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, lalu aduk kembali hingga kalis dan adonan dapat dipulung.
  3. Adonan sudah siap untuk dicetak sesuai dengan selera anda (kalau saya, dibuat memanjang dan dipotong dengan tipis sekitar 2cm)
  4. Adonan yang sudah dicetak, selanjutnya direndam pada minyak dingin kurang lebih selama 30 menit.
  5. Amplang siap untuk digoreng dalam minyak yang sudah panas selama kurang lebih 40 menit dengan api yang kecil. Pada saat menggoreng amplang harus di aduk terus menerus agar matang merata.
  6. Setelah amplang matang, angkat dan tiriskan, kemas, siap untuk dipasarkan atau anda bisa menyimpannya di toples jika tidak ingin menjualnya.

Nah gimana? Gampang kan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih guys udah mau baca artikel ini.

Categories
Uncategorized

Berikut 2 Metode Cara Membuat Minyak Atsiri Sederhana

Hello everyone! Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat minyak atsiri sederhana. Nah disini saya akan menjelaskan cara membuat minyak eucalyptus atau biasa di sebut dengan minyk kayu putih.

Daun pohon kayu putih ini memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Ketika daun ini disuling menjadi minyak, minyak ini dapat digunakan sebagai obat hirup atau gosok. Gunakan beberapa tetes minyak kayu putih saat mandi akan meredakan rasa sakit dan nyeri. Nah untuk cara pembuatan minyak kayu putih yuk simak penjelasan berikut ini

Cara Membuat Minyak Atsiri Eucalyptus Sederhana

cara membuat minyak atsiri sederhana

Cara membuat minyak atsiri kalian dapat menggunakan alat yang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri. Nah untuk cara membuat minyak atsiri sederhana kali ini memiliki 2 metode sebagai berikut:

Menggunakan Slow Cooker

Alat dan bahan:

  • Daun eucalyptus segar secukupnya
  • Minyak zaitun, minyak kelapa, ataupun minyak almond sebanyak 236ml
  • Slow cooker
  • Wadah
  • Saringan kasa
  • Botol untuk menyimpan minyak hasil ekstraksi daun kayu putih (disarankan botol kaca berwarna gelap)
  • Kain atau handuk

Cara membuat:

  1. Langkah pertama yaitu cuci daun kayu putih dengan air bersih, lalu keringkan daun menggunakan kain ataupun handuk yang bersih dan kering
  2. Ukurlah minyak zaitun atau kelapa ataupun almond sesuai yang kalian punya sebanyak 236ml
  3. Pisahkan daun kayu putih dari batangnya. Kemudian potong daun kayu putih menggunakan tangan kalian secara perlahan. Proses ini akan mulai menghasilkan ekstrak dari minyak. Jika kalian ingin mencampurkan tumbuhan lain untuk membuat minyak, kalian harus menambahkannya pada tahap ini.
  4. Campurkan minyak dan daun kayu putih kedalam slow cooker dan pilih pengatursn yang rendah. Pastikan tertutup rapat.
  5. Biarkan campuran kedua bahan tersebut terendam selama 6 jam. Semakin lama terendam, maka akan semakin kuat aroma minyak kayu putih kalian.
  6. Setelah di rendam, kemudian tuang minyak kayu putih dan saring menggunakan saringan kasa yang tipis saat minyak sudah dingin agar botol tidak retak yang dikarenakan suhu panas yang tiba tiba. Taruhlah botol di bawah saringan sebagai wadah minyak. Pastikan pakai botol kaca yang bersih, tertutup rapat dan kering karena air yang terdapat pada botol akan menimbulkan tumbuhnya jamur.
  7. Minyak siap di gunakan!!

cara membuat minyak atsiri sederhana

Merendam Daun Eucalyptus Di Dalam Minyak Di Bawah Sinar Matahari

Alat dan bahan:

  • 2 botol kaca
  • Daun kayu putih secukupnya
  • Minyak zaitun ataupun yang lainnya
  • Saringan atau kain

Cara membuat

  1. Langkah pertama yaitu tuang minyak ke campuran daun kayu putih yang di hancurkan dengan garam. Dan biarkan terendam selama ±2 minggu di bawah sinar matahari yang hangat. Makin lama membiarkan campuran terendam, maka akan semakin kuat aroma minyak kayu putih yang di hasilkan
  2. Kalian pastikan agar botol tertutup rapat. Sambal giyangan dengan baik untuk mengocok daun kayu putih dengan minyak setiap 12 jam hingga terseduh
  3. Saring minyak dan pisahkan dari daun dengan menuangkannya menggunakan saringan teh atau kain katun tipis. Letakkan saringan di atas mulut botol.
  4. Setelah di saring, beri label pada minyak kayu putih agar kalian mengenalinya berdasarkan jenis dan tanggal pembuatannya

Note:

  1. Jangka waktu simpan minyak kayu putih yaitu ±6 bulan sejak waktu kalian membuatnya
  2. Apabila kalian menambahkan tumbuhan lain sebagai campurannya kedalam minyak eucalyptus, makan kalian harus menyertakan informasi pada label. Tumbuhan yang sering digunakan untuk campuran yaitu sage, lavendel, spearmint, atau rosemary
  3. Jika kalian ingin menyimpan minyak dalam jangka Panjang, simpanlah di dalam kulkas

Manfaat Minyak Atsiri Kayu Putih

cara membuat minyak atsiri sederhana

  1. Meredakan batuk
  2. Menghilangkan lender di dada
  3. Mencegah datangnya serangga
  4. Melancarkan system pernapasan
  5. Mencegah penyakit pada mulut
  6. Menjaga gula darah agar tetap stabil
  7. Meredakan nyeri sendi
  8. Berpotensi cegah virus corona

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, untuk kritik dan saran kalian bisa tuliskan di kolom komentar di bawah ya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel.

Terima kasih…

Categories
Uncategorized

Udang Bisa Lurus? Yuk Simak Cara Membuat Udang Tempura Lurus

Hello teman teman kali ini aku bakalan berbagi informasi seputar “Cara Membuat Udang Tempura Lurus” artikel kali ini bukan cuma resep tempura nya aja tapi ada juga trik membuat udang menjadi lurus. Namun sebelumnya kalian udah baca belum artikel resep udang tempura, cara membuat tempura udang, cara membuat udang tempura, resep udang tempura tepung roti karena di artikel itu kalian bakalan dapet banyak informasi khususnya informasi seputar tempura udang, jangan lupa disimak ya teman – teman!

Cara Mengolah Udang Menjadi Lurus

Cara Mengupas Dan Membersihkan Udang - 1001 Cara Mengupas

  • Kerat bagian punggung tubuh udang
  • Pukul atau pijat pijat tubuh udang

1. Cara Membuat Udang Tempura Lurus :

Resep dan Cara Membuat Tempura Udang Jepang yang Enak,Renyah dan Sederhana  - Selerasa.com

Bahan bahan :

  • 250 gr udang
  • Garam seperlunya
  • Merica seperlunya
  • Bawang putih bubuk seperlunya
  • Tepung roti

Adonan cair :

  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • Garam seperlunya
  • Merica seperlunya
  • Bawang putih bubuk seperlunya
  • Air seperlunya

Langkah Membuat Udang Tempura Lurus

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan udang, cuci bersih pisahkan dari kepala, kulit tebal dan juga kotorannya
  3. Kerat kerat bagian punggung udang, dilanjut dengan pijat – pijat tubuh udang
  4. Haluskan semua bahan bahan, lumuri campuran bahan bahan ke tubuh si udang dan pastikan terlumuri sempurna setelah itu biarkan kurang lebih 15 menit
  5. Masukkan semua bahan adonan cair ke dalam satu wadah dan tambahkan juga air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi cair tapi tidak terlalu cair
  6. Siapkan wadah lagi dan masukkan tepung roti atau bisa juga menggunakan tepung panir
  7. Celupkan tubuh udang ke dalam adonan cair kemudian masukkan ke dalam tepung roti sambil di remas – remas agar udang terlumuri sempurna
  8. Tempura udang lurus sudah jadi bisa langsung digoreng atau bisa juga disimpan terlebih dahulu di lemari pendingin, namun sebaiknya gunakan alat vacuum sealer terlebih dahulu yang merupakan alat press kedap udara
  9. Namun jika akan digoreng, siapkan minyak panas dengan api sedang dan goreng tempura udang hingga berwarna kuning kecokelatan
  10. Jika sudah bisa langsung diangkat dan tiriskan
  11. Jadilah tempura udang lurus

2. Cara Membuat Tempura Udang Lurus Moriawase

Bahan – bahan

  • Terong Secukupnya (Iris Kipas)
  • Buncis Secukupnya (Rebus Sebentar)
  • Kabocha Secukupnya (Iris agak tipis lalu rebus sebentar)
  • Bayam (Ambil daun yang besar saja)
  • Bawang Bombay
  • secukupnya Udang
  • Tepung Pelapis
  • 10 sdm Tepung Kunci
  • 250 ml air – 300 ml air dingin
  • 1/2 sdt Soda kue

Langkah Membuat Tempura Udang Moriawase

  1. Siapkan semua bahan bahan
  2. Bersihkan udang, cuci bersih dan pisahkan dari kepala, kulit tebal dan kotorannya, beri perasaan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis.
  3. Kerat bagian punggung udang dan pijat pijat tubuh udang agar udang menjadi lurus setelah itu sisihkan
  4. Cuci bersih sayuran , untuk sayuran keras lebih baik direbus setelah itu sisihkan terlebih dahulu
  5. Campurkan semua bahan tepung pelapis pada satu wadah kemudian aduk aduk sampai adonan menjadi encer
  6. Taburi juga tepung terigu ke permukaan sayuran dan udang tipis tipis saja
  7. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu goreng semua bahan tempura namun sebelumnya masukkan bahan ke adonan encer lalu goreng sampai berwarna kuning keemasan
  8. Jika sudah bisa langsung angkat dan tiriskan
  9. Tempura udang moriawase siap disajikan

Cukup sekian artikel kali ini, semoga kalian para pembaca bisa mempraktekkan langkah demi langkah artikel ini dengan baik, mohon maaf atas segala kekeliruan pada artikel kali ini, selamat membaca teman teman.

Categories
Uncategorized

Aneka Resep Enak dan Cara Membuat Seblak Kering Makaroni

Apa kabar teman-teman semuanya? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat seblak kering makaroni yang lezat.

Indonesia ini memang terkenal dengan kekayaan kulinernya yang enak, lezat dan menggugah selera.

Salah satu yang menjadi idola adalah seblak dari kota Bandung yang menjadi makanan ekonomis tetapi juga kekinian.

Sudah banyak juga orang-orang yang menjual seblak secara instan lewat toko online, untu terjaminnya makanan tersebut sampai dengan tujuan.

Para penjual bisa menggunakan hand sealer dalam pengemasan produknya supaya aman dan terjamin sampai ke konsumen.

Yuk simak bareng-bareng sampai selesai!

Cara Membuat Seblak Kering Makaroni

cara membuat seblak kering makaroni

Bahan-Bahan Seblak Kering Makaroni

  1. 2 sendok makan gula pasir
  2. 10 buah cabe rawit
  3. 500 gram makaroni sesuai selera
  4. 2 ruas kencur
  5. 5 lembar daun jeruk, di iris tipis
  6. 1/2 sendok teh penyedap rasa
  7. 4 siung bawang putih
  8. 2 sendok makan kaldu bubuk
  9. 2 bungkus cabe bubuk
  10. minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Seblak Kering Makaroni

  1. Pertama, siapkan minyak goreng akan di gunakan untuk merendam makaroni kurang lebih selama 1 menit.
  2. Kemudian, jika makaroni sudah selesai di rendam, masak makaroni hingga mengembang.
  3. Lalu selanjutnya haluskan semua bumbu-bumbu dan tumis sampai beraroma harum. Jangan lupa tambahkan irisan daun jeruk supaya lebih wangi.
  4. Jika sudah selanjutnya masukkan makaroni, kaldu bubuk, gula pasir, penyedap rasa, dan cabe bubuk.
  5. Aduk semua bahan-bahan sampai tercampur rata dengan makaroni dan tunggu sampai matang merata.
  6. Seblak kering makaroni yang lezat ini sudah siap di sajikan dan di nikmati.

Cara Membuat Seblak Kering Makaroni Pedas

cara membuat seblak kering makaroni

Bahan-Bahan Seblak Kering Makaroni Pedas

  1. 250 gram makaroni
  2. 1/2 sendok teh garam dapur
  3. 1/2 sendok teh gula pasir
  4. 3 sendok makan minyak goreng
  5. air bersih secukupnya

Bumbu-Bumbu Seblak Kering Makaroni Pedas

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 ruas kencur
  4. 5 buah cabe rawit merah

Langkah-Langkah Membuat Seblak Kering Makaroni Pedas

  1. Langkah pertama yaitu siapkan air mendidih dan rebus terlebih dahulu makaroni sampai teksturnya kenyal, kemudian angkat dan di di tiriskan dahulu.
  2. Kemudian selanjutnya tuang minya goreng ke dalam wajan dan panaskan dan masukkan bumbu yang sudah di haluskan terlebih dahulu.
  3. Tumis sampai aromanya wangi, lalu tambahkan makaroni yang sudah di rebus tadi.
  4. Selanjutnya jangan lupa untuk memberi garam dapur dan juga gula pasir dan di aduk terus menerus sampai semua bumbu dan makaroni tercampur merata.
  5. Lalu, beri air panas sedikit demi sedikit  sebanyak 50 ml atau sesuai dengan keinginan.
  6. Aduk terus sampai air meresap atau surut dan bumbu-bumbu meyerap dan makaroni matang sempurna.
  7. Seblak kering makaroni pedas yang spesial ini siap di hidangkan.

Cara Membuat Seblak Kering Makaroni Spesial

cara membuat seblak kering makaroni

Bahan-Bahan Seblak Kering Makaroni Spesial

  1. 200 gram makaroni
  2. 2 siung bawang putih
  3. 3 siung bawang merah
  4. 1 cabai merah besar
  5. 1 butir telur
  6. 2 buah daun bawang
  7. 1 buah sosis
  8. 1/2 sendok teh garam dapur
  9. 1 sendok teh penyedap rasa
  10. air secukupnya
  11. minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Seblak Kering Makaroni Spesial

  1. Langkah pertama adalah siapkan air untuk merebus makaroni sampai matang dan berikan minyak goreng sedikit supaya tidak meyatu.
  2. Jika makaroni di rasa sudah matang, angkat dan di tiriskan.
  3. Kemudian siapkan bawang merah, bawang putih, garam, serta cabe rawit merah. Haluskan semua bahan tersebut bisa menggunakan ulekan atau blender.
  4. Selanjutnya panaskan minyak goreng dan tumis bumbu yang sudah di haluskan dan berikan air secukupnya lalu di aduk sampai rata semua.
  5. Masukkan irisan daun bawang dan masukkan juga telur di aduk supaya menjadi telur orak arik.
  6. Aduk sampai rata semuanya dan kemudian masukkan makaroni dan juga sosis yang sudah di potong-potong.
  7. Tambahkan garam dan penyedap rasa sampai rasa seblak nya pas.
  8. Seblak kering makaroni spesial ini sudah siap di sajikan dan di nikmati.

Jadi, itu dia aneka resep seblak kering makaroni dan cara membuatnya. Kalian bisa coba bikin di rumah ya.

Buat kalian yang ingin lebih tau aneka resep seblak lainnya bisa cek artikel cara membuat seblak kerupuk, cara membuat kerupuk seblak kering, cara membuat seblak kerupuk kering, dan cara membuat seblak mie telor basah.

Semoga artikel ini dan yang lainnya bisa membantu dan bermanfaat buat teman-teman semua.

Terima kasih!