Categories
Uncategorized

Cara Tanam Rumput Gajah Mini Secara Mudah, Praktis, dan Gak Ribet

Cara tanam rumput gajah mini memang cukup sulit bagi pemula. Buat kamu yang terobsesi dengan tampilan rumah pasti nggak mau bikin taman kamu tampil apa adanya.

Menanam rumput taman memang bisa membuat tampilan taman Anda semakin indah dan sempurna. Namun tentunya banyak dari Anda yang belum mengetahui cara menanam rumput taman, atau mungkin Anda pernah mencoba tetapi gagal.

Tidak peduli seberapa bagus marmer yang kita gunakan, dan tidak peduli di permukaan apa kita menemboknya, itu tidak akan mampu mengalahkan tanah hijau alami yang terlihat.

Keunggulan rumput gajah mampu membuat halaman depan dan belakang rumah semakin indah. Tentu saja, siapapun bisa menginjaknya.

Kita bisa menggunakan berbagai jenis rumput misalnya rumput gajah mini, Beijing, Manila, Swiss, babat, golf atau rap. Anda dapat memilih opsi untuk padang rumput.

Manfaat Menanam Rumput

Manfaat Menanam Rumput

Tanaman rumput yang tersebar di taman bisa menggantikan kesan kosong dan tidak terawat di halaman. Lahan yang hanya berupa tanah kurang menarik jika kita bandingkan dengan rumah dengan rumput.

Rerumputan dan tumbuhan juga memberikan lebih banyak oksigen ke area rumah. Ini karena rumput juga menghasilkan oksigen selama fotosintesis.

Sisa rumput ini juga dapat digunakan dalam cara merawat marmut dan cara memelihara kambing yang baik

Hal pertama yang harus kita perhatikan saat membuat taman rumput adalah lokasi taman rumput saat mendesain rumah. Taman bisa kita tempatkan di depan, belakang atau di tengah bangunan.

Taman rumput bagus jika kita memadukannya dengan akses ke area umum. Artinya, kita bisa membuat taman di dekat ruang makan atau ruang keluarga.

Menanam rumput memang agak sulit karena hati-hati. Namun merawat rumput itu tidak sulit, yaitu hanya menyiram dan memupuknya. Gulma dapat kita beli dari toko rerumputan dan biasanya tersedia dalam satuan meter persegi.

Jenis rumputnya pun bermacam-macam, yang paling populer adalah rumput Jepang dan rumput gajah. Menanamnya sangat mudah dengan cara menempelkannya pada tanah yang sebelumnya kita bersihkan, kendurkan dan pemupukan.

Berikut manfaat menanam rumput.

1. Nutrisi Bertahan Lebih Lama.

Rerumputan yang tumbuh pada sekitar tanaman Anda dapat bermanfaat sebagai salah satu komponen pengikat tanah permukaan yang biasanya tidak tanaman miliki.

Biasanya tanah terbuka (tidak berumput / tidak ada tanaman sama sekali) mengandung sedikit unsur hara, bahkan bila kita biarkan terus menerus keadaan ini lama kelamaan akan menjadi kering dan gersang.

2. Pencegahan Erosi Tanah.

Air permukaan bisa terbentuk kapan saja, terutama saat musim hujan. Pada saat itu, jika ladang Anda terbuka lebar, semua aliran air permukaan akan membawa semua tanah yang ada.

Semakin panjang tanah tempat Anda mencoba untuk menipis, semakin rendah jalurnya dan posisinya akan semakin rendah untuk memulai.

3. Sebagai Pesaing yang Memiliki Perakaran Kuat pada Tanaman Rumahan.

Rerumputan seperti persaingan untuk tanaman utama untuk mencari nutrisi di dalam tanah secara lebih konsisten.

Perkembangan akar tanaman induk akan lebih dalam dan menyebar kesamping untuk bersaing memperebutkan unsur hara bersama akar rumput.

4. Sebagai Pesaing yang Menjadikan Tanaman Utama Lebih Subur.

Petani yang bisa mengontrol persaingan meletakkan rumput di atas tanaman akar tunggang (akar tepat di dalam).

Biasanya jenis ini kita temukan pada tanaman perkebunan yang keras (berumur panjang). Rerumputan yang hidup di atas tanah biasanya bertingkat dan meningkat seiring waktu di mana lapisan di bawahnya telah membusuk.

Ini seperti rawa, tapi terbuat dari ilalang karena tanahnya busuk. Anda perlu memilih salah satu jenis yang akan tumbuh menghantam permukaan tanah.

Bagian dalam yang mengalami pembusukan meningkatkan kesuburan tanah.

5. Mencegah Tumbuhnya Tanaman Lain yang Merugikan.

Rerumputan yang ada di sana bisa berguna untuk menahan permukaan benih yang tidak dimaksudkan untuk tumbuh bersama di tanah yang sama.

Ini akan membatasi jumlah tanaman yang tersebar benih yang tidak sengaja terbawa angin, arus air hujan, hewan termasuk serangga.

Cara Tanam Rumput Gajah Mini

Cara Tanam Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini saat ini sedang menjadi tren tersendiri di kalangan pecinta taman yang dikarenakan cara menanam yang cukup mudah dan juga cara merawatnya juga cukup mudah.

Rumput jenis ini banyak dijadikan inspirasi pada model rumah minimalis, tidak mengejutkan karena rumput gajah mini juga menjadi sorotan pada dunia desain interior maupun eksterior.

Persepsi yang terlanjur salah saat ini adalah cara menanam dan merawat rumput gajah mini cukup sulit sehingga membutuhkan keahlian ataupun teknik khusus.

Padalah rumput jenis ini sangat mudah dan sederhana, baik penanaman ataupun perawatan. Bahkan apabila dibandingkan dengan rumput jepang, rumput gajah mini relatif lebih mudah perawatannya.

Nah bagi Anda yang penasaran dengan rumput gajah mini, kali ini Kutanam akan memberikan langkah demi langkah dalam menanam rumput gajah mini di pekarangan rumah anda.

1. Memilih Bibit Rumput Gajah Mini

Memilih Bibit Rumput Gajah Mini

Bibit rumput gajah mini banyak ditemukan di toko pertanian terdekat di kota Anda. Harga permeter perseginya sekitar Rp. 15.000,- sampai Rp. 20.000,-.

Dimana untuk selanjutya Anda tinggal mengalikan saja berapa meter persegi taman yang ada di halaman rumah Anda.

Untuk pengerjaannya Anda tidak perlu repot, karena dalam penanamannya bisa Anda lakukan sendiri sehingga bisa mengirit biaya tanpa harus menyuruh orang dalam melakukannya.

2. Mempersiapkan lahan

Setelah Anda mendapatkan bibit rumput gajah mini, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan lahan.

  • Gemburkan tanah yang akan dijadikan media tanam rumput gajah mini dengan menggunakan cangkul.
  • Lakukan dengan kedalaman sekitar 5-10cm dan ratakan kembali setelah proses pertama ini selesai.
  • Apabila media tanam memiliki tanah yang sudah gembur dan cukup baik, Anda bisa langsung menanamnya.
  • Apabila media tanam gersang atau tandus, Anda bisa memberikan pupuk kandang supaya tanah mendapatkan nutrisi. Diamkan selama satu minggu sebelum Anda mulai menanam.
  • Namun apabila lahan yang sudah Anda siapkan belum ada tanahnya, Anda bisa membeli tanah urug yang khusus digunakan untuk tanam.
  • Biasanya menggunakan latosol atau tanah merah. Jadi Anda tidak perlu repot dengan pemberian pupuk sebelum rumput gajah mini ditanam di media tanam.

3. Proses tanam

Proses selanjutnya setelah Anda selesai mempersiapkan media tanam adalah proses tanam. Untuk mempermudah Anda, berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan pada tahapan ini.

  • Penanaman sebaiknya dilakukan pada musim hujan supaya bisa mendapatkan air yang cukup banyak untuk mempercepat proses pertumbuhan.
  • Apabila menanam tidak pada musim hujan, Anda bisa melakukan penyiraman pada pagi dan sore supaya rumput gajah mini bisa mendapatkan supply air yang cukup.
  • Bibit yang sudah dipersiapkan sebelumnya bisa Anda potong menjadi lebih kecil lagi supaya bisa mendapatkan bibit lebih banyak.
  • Tancapkan rumput gajah mini ke tanah dengan menancapkan bagian perakarannya sehingga akar dapat terikat langsung dengan tanah.
  • Lakukan penanaman dengan pola zig zag supaya hasil yang didapatkan bisa sempurna.
  • Untuk jarak antar rumput, Anda bisa mengira ngira sendiri sesuai dengan keinginan Anda.
  • Untuk memastikan jalinan akar dan tanah, Anda bisa memukul pelan rumput gaah mini supaya akarnya benar benar masuk ke dalam tanah.
  • Anda bisa juga menggunakan balok kayu untuk meratakan tanah, caranya dengan menindihnya dengan balok kayu supaya tanah menjadi rata.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai cara tanam rumput gajah mini. Dengan cara menanam rumput yang baik dan benar maka rumput akan tumbuh subur. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *