Categories
Uncategorized

Cara Mengolah Sabut Kelapa Untuk Media Tanam Anggrek

Apakabar teman-teman di artikel kali ini aku akan menjelaskan tentang cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek.

Cara Mengolah Sabut Kelapa Untuk Media Tanam Anggrek

Mengolah sabut kelapa menggunakan  merupakan mesin pengolah sabut kelapa perbuatan yang mulia dan menjaga lingkungan hidup agar tetap bersih. Merubah sabut kelapa menjadi berbagai bahan yang berguna juga bernilai ekonomis yang cukup lumayan besar.

Apakah kamu tahu jika sabut kelapa merupakan hasil limbah buah kelapa? , Dengan kita mengolah sabut kelapa ini juga akan membantu diri sendiri dalam nilai rupiah dan masyarakat sebagai aspek pemenuh kebutuhan di berbagai bidang.

Mengolah limbah sabut kelapa merupakan kegiatan mengubah satu limbah yang tidak bernilai apapun menjadi sebuah produk yang dibutuhkan oleh banyak kalangan masyarakat.

Tak perlu berbelit-belit, langsung saja kita simak dibawah ini akan menyatakan bagaimana cara menanam anggrek dengan sabut kelapa anggrek.

Memilih Cara Mengolah Sabut Kelapa Untuk Media Tanam Anggrek

  1. Siapkan Sabut Kelapa Yang Sesuai

Untuk kita mendapatkan media tanam yang baik dan berkualitas serta cocok digunakan pada tanaman bunga anggrek, sebaiknya untuk kitakita menyia, serta memilih sabut kelapa yang memiliki usia tua.

Setelah mendapatkan bahannya, kita bisa melanjutkan langkah selanjutnya yaitu kita merendam sabut kelapa kedalam larutan cairan fungisida terlebih dahulu sebelum kita menempatkan tanaman anggrek pada media tanam ini.

Perendaman dengan menggunakan larutan cairan fungisida bertujuan agar media tanam kita tidak mudah terjangkit jamur dan bakteri.

Apabila kita mendapat sabut kelapa dengan ukuran yang terlalu besar, ada baiknya untuk kita potong dan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman anggrek yang hendak kita ditanam.

Setelah kita dipotong sesuai dengan kebutuhan, perlu juga untuk kita melakukan pembersihan kulit sabut kelapa yang kotor, hal ini berguna untuk membersihkan kandungan zat yang dapat menghambat proses tumbub kembang dan pembungaan serta pertumbuhan Bunga Anggrek. Zat yang dimaksud tersebut yaitu terdapat pada bagian sabut kelapa itu sendiri.

  1. Perendaman Sabut Kelapa

Cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek salanjutnya yang tak kalah mudah seperti menanam anggrek menggunakan Cocopeat. Perendaman disini akan kila lakukan dalam dua tahapan, yang pertama yaitu kita cukup menggunakan air bersih sedangkan proses yang kedua yaitu kita menggunakan larutan khusus berupa cairan fungisida.

Pada proses perendaman tahapan pertama tadi, kita membutuhkan waktu paling tidak 6 jam lamanya. Sebelum dilakukan perendaman kita tidak boleh lupa untuk membersihkan sabut kelapa terlebih dahulu.

Setelah perendaman menggunakan air bersih sudah sesuai dengan waktu yang sudah disebutkan tadi usai, langkah berikutnya yaitu kita harus mengangkat sabut kelapa lalu kita dipukul-pukul menggunakan kayu, palu, atau benda padat lainnya yang keras. Cara ini bertujuan supaya serat sabut kelapa dapat terbuka serat-seratnya.

Setelah perendaman tahap pertama telah selesai, langsung saha kita masuk pada proses perendaman tahap dua dengan menggunakan larutan cair fungisida. Penggunaan larutan ini berguna untuk membersihkan kandungan zat yang dapat menghambat proses pembungaan serta pertumbuhan Bunga Anggrek yang cantik. Setelah dirasa sudah terlihat steril, langkah yang harus kita ambil yaitu mengeringkan sabut kelapa.

  1. Pengeringan Sabut Kelapa

Proses yang cukup mudah berikutnya yaitu dengan mengeringkan sabut kelapa yang sudah direndam dan seteril selama 2 kali tahapan. Sebab sabut yang akan menjadi media tanam Bunga Anggrek tidak dapat begitu saja langsung kita satukan dengan tanaman.

Untuk proses pengeringan sabut tidak perlu lama-lama, jika kita rasa sabut sudah terlihat lumayan kering dan masih cukup lembab sudahi saja proses pengeringan.

  1. Penanaman Anggrek

Setelah media tanam sudah siap untuk kita gunakan, lilitkan bibit bunga anggrek itu ke yang sudah kita siapkan pada sabut kelapa.

Pada umumnya, bibit Bunga Anggrek ini menggunakan media tanam sabut kelapa yang kita bikin biasanya dimasukkan kedalam pot, baik pot biasa maupun pot yang di gantungkan.

Hal lain yang sekiranya perlu kita lakukan juga meletakkan pot pada area rindang yang tidak langsung terpapar oleh cahaya matahari.

Sekian pembahasan artikel tentang cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek ini semoga bermanfaat ya;)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *