Categories
Uncategorized

Beginilah Cara Memelihara Kambing Yang Baik dan Benar

Cara memelihara kambing yang baik bagi pemula sendiri bisa dikatakan susah-susah gampang. Apabila salah dalam perawatan, maka kambing akan mudah sakit atau tidak bisa berkembang secara sempurna.

Pemeliharaan kambing di Indonesia sendiri masih dilakukan secara tradisional dan banyak orang yang hanya menjadikannya sebagai usaha sampingan saja.

Dan bagi kalian yang berencana untuk memelihara kambing di rumah, ada baiknya menyimak terlebih dahulu beberapa cara perawatan kambing berikut ini.

Cara Memelihara Kambing

1. Memberi Pakan dan Minum

Tidak hanya pakan, air minum yang diberikan pada kambing juga harus perlu diperhatikan. Harus dipastikan bahwa air minum yang kalian berikan dalam kondisi bersih sehingga tidak mengganggu kesehatan kambing.

Pada umumnya dalam satu hari, satu ekor kambing dewasa membutuhkan air minum sebanyak 1,5-2.5 liter. Jadi pastikan untuk memberikan takaran yang pas dan sesuai kebutuhan kambing.

Menyediakan tanaman di penggembalaan

Tanaman yang sangat cocok untuk pakan kambing yaitu :
– Rumput
– Gulma
– Tanaman merambat
– Daun kelor
– Lamtaro

Bukan hanya itu, ada juga alternatif makanan kambing selain rumput yang tidak kalah sehat untuk pertumbuhan kambing, dan untuk mempermudah dalam memotong rumput bisa menggunakan mesin chopper rumput perajang rumput karena lebih efektif dan cepat dalam proses pemotongan rumput.

Dan menyediakan air bersih

Kambing harus mendapatkan air bersih setiap saat. Menggunakan tempat air yang berat karena kambing bisa membalikkannya. Periksa airnya minimal 2 kali sehari, dan lebih sering lagi ketika cuaca sedang ekstrem.

2. Memandikan Hewan

Selain memperhatikan pakan dan juga air minum kambing peliharaan kalian, cara merawat kambing yang benar yaitu dengan memandikan kambing secara rutin.

Tujuan memandikan kambing ini yaitu untuk meningkatkan kesehatan kambing dan juga menambah nilai jualnya. Perlu diingat, untuk memandikan kambing peliharaan kalian sebaiknya dilakukan sekurang-kurangnya 2 kali dalam setahun.

Dengan memandikan kambing peliharaan kalian secara rutin, kalian sudah bisa mengantisipasi kuman, parasit, dan juga jamur bersarang pada tubuhnya.

Kambing yang bersih akan terlihat lebih sehat dan juga segar, sehingga harga jualnya juga semakin tinggi.

3. Pengendalian Penyakit

Kambing merupakan salah satu hewan peliharaan yang mudah terserang penyakit. Beberapa jenis penyakit yang sering dijumpai pada hewan kambing seperti kembung, cacingan, pink eye dan masih banyak lagi.

Selain itu, kambing juga sering mengalami masalah keracunan makanan terutama untuk kambing yang di angon. Lalu bagaimana cara merawat kambing tersebut?

Untuk mengendalikan beberapa penyakit tersebut, penting sekali melakukan budidaya ternak kambing dengan baik dan tepat. Untuk menjaga kesehatan kambing peliharaan bisa dilakukan dengan beberapa cara di antaranya memberikan vaksin, memberi vitamin dan antibiotik dan lain sebagainya.

4. Pemeliharaan Kuku Kambing

Perawatan kambing selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu dengan memotong kuku pada kambing kesayangan kalian. Umumnya, pemotongan kuku kambing ini dilakukan untuk jenis kambing yang sering dikandangkan.

Kambing yang dikandangkan memiliki pertumbuhan kuku yang lebih cepat dibandingkan yang diangonkan.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang muncul akibat kuku kambing yang terlalu panjang.

Beberapa akibatnya yaitu kesulitan dalam berjalan, mudah patah dan menyebabkan infeksi dan luka dan lain sebagainya.

5. Lokasi Peternakan

Kambing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang memerlukan lingkungan yang tenang dan nyaman. Suasana yang tenang tentunya akan membuat kambing nyaman sehingga meningkatkan nafsu makannya.

Untuk suasana yang tenang juga membuat kambing terhindar dari stress yang mana dapat mempengaruhi tingkat nafsu makannya.

Jika nafsu makan kambing peliharaan kalian bermasalah maka risiko untuk terkena penyakit juga semakin besar. Oleh karena itu kalian perlu mengusahakan untuk memilih lokasi peternakan yang mana jauh dari sumber-sumber kebisingan yang dapat mengganggu suasana kambing peliharaan kalian.

Seperti itula cara memelihara kambing yang baik, untuk yang ingin melihat resep kuliner yang enak bisa baca diartikel lainnya di ernestosgourmet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *