Categories
Uncategorized

Cara Membuat Minyak VCO Tanpa Pemanasan Yang Berkualitas

Sekarang ini lebih banyak orang untuk membuat minyak vco sendiri di rumah. Cara pembuatan minyak vco sendiri ada 2 metode yaitu pemanasan dan tanpa pemanasan. Berikut ini adalah cara membuat vco tanpa pemanasan yang mudah.

VCO Atau Minyak Kelapa

VCO atau Virgin Coconut Oil adalah minyak yang terbuat dari daging kelapa segar. Biasanya di sebut dengan julukan minyak kelapa. Pembuatan VCO biasanya menggunakan susu rendah, Secara singkat, cara pembuatannya adalah dengan mengekstrak santan dari daging kelapa, kemudian dilakukan fermentasi.

Minyak kelapa memiliki segudang manfaat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Meski minyak ini mudah didapatkan, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri. Apalagi cara membuat minyak kelapa sebetulnya tidak terlalu sulit.

Popularitas minyak kelapa memang meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari produsen kosmetik hingga makanan seperti berlomba-lomba menggunakan bahan alami ini ke dalam produk mereka.

Di satu sisi, minyak kelapa mengandung asam lemak yang digadang-gadang dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer. Di sisi lain, minyak kelapa adalah bahan alami yang 80 persen kandungannya adalah lemak jenuh yang justru dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Cara Buat VCO Atau Minyak Kelapa Tanpa Pemanasan

Cara membuat minyak kelapa yang satu ini akan menghasilkan warna minyak bening, yang kerap disebut sebagai virgin coconut oil. Anda perlu menyiapkan daging kelapa tua. Sebelum memulai membuatnya kita persiapkan bahan-bahanya dulu.

Peralatan Yang Dibutuhkan

  • Sebelum memulai membuat, kita siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan.
  • Sendok lengkung
  • Tissu berwarna putih yang tidak ada parfum atau pewanginya
  • Saringan
  • Corong
  • 0,5 meter selang kecil
  • Kain putih yang biasa digunakan untuk menyaring tahu
  • Wadah transparan berukuran 4,5 liter lebih
  • Mesin pengaduk atau mixer

Proses Pembuatan

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masukkan santan ke kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yakni santan di atas dan air di bawah.
  • Lubangi bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang
  • Tuang santan kental ke wadah plastik, tutup rapat, dan simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
  • Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan, yakni minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah)
  • Sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas sehingga bagian atas dari ketiga lapisan tersebut membeku.

Ambil bagian beku yang merupakan minyak, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut. Tetesan minyak dari tisu itulah yang disebut dengan VCO.

Membuat VCO juga bisa dengan mesin, yaitu menggunakan mesin pembuat VCO untuk membatu proses pembuatan agar lebih cepat.

Manfaat Dari VCO

Jika kamu bisa membuat VCO sendiri, mungkin kemampuan ini bisa menjadi hal yang cukup menjanjikan.

Selain kamu bisa menggunakan minyak yang dibuat sendiri, jika hasilnya bagus, kamu bahkan bisa menjadikan ini sebagai usaha. Apalagi di Indonesia ini ada banyak sekali sumber daya kelapa.

Virgin Coconut Oil ini dikenal memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Selain itu, minyak yang terbuat dari kelapa ini juga menjadi bahan penting yang digunakan dalam industri kosmetik dan kecantikan.

Minyak kelapa murni biasanya diproses tanpa menggunakan pemanasan minyaknya tetap memiliki kadar asam laurat yang cukup tinggi. Asam laurat di dalam minyak ini jika masuk ke dalam tubuh nantinya akan diolah menjadi monolaurin.

Monolaurin merupakan asam lemak jenuh berantai sedang atau dikenal dengan Medium Chain Fatty Acid (MFCA). Jenis asam lemak yang lebih mudah diserap di dalam usus, sehingga lebih cepat untuk menghasilkan energi meskipun tidak dibantu oleh enzim.

Jika kita menggunakan VCO untuk sehari-hari, selama ini belum ada yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan, berbeda dengan minyak kelapa biasa, yang kita harus membatasi pemakaiannya. Bahkan, mengonsumsi VCO ternyata dapat menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Selain dapat digunakan untuk memasak atau konsumsi seperti biasa, VCO ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Seperti misalnya untuk mengatasi infeksi akibat bakteri, virus, jamur, kuman, dan penyebab lain infeksi.

Bahkan minyak kelapa murni ini juga dapat mengatasi masalah jerawat, untuk menghaluskan kulit, melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, dan perawatan kulit lainnya.

Begitulah cara membuat vco tanpa pemanasan. Sangatlah mudah untuk anda mencobanya di rumah. Kalau ingin yang instan anda juga bisa menemukannya di supermarket terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *