Categories
Uncategorized

Cara Membuat Karbon Aktif Dari Tempurung Kelapa

Hallo Semuanyaaaa! Lama tidak berjumpa, semoga hari ini pun selalu sehat ya! Pada artikel ini kita akan membahas cara membuat karbon atif dari tempurung kelapa. Yuk Cari Tau!

cara membuat karbon aktif dari tempurung kelapa

Karbon Aktif atau biasa kita sebut arang aktif merupakan senyawa karbon amorph, yang dapat dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung karbon atau dari arang yang diperlakukan dengan cara khusus untuk mendapatkan permukaan yang lebih luas. Arang aktif dapat mengadsorpsi gas dan senyawa-senyawa kimia tertentu atau sifat adsorpsinya selektif, tergantung pada besar atau volume pori-pori dan luas permukaan. Arang aktif akan dibuat dari arang hasil pirolisis tempurung kelapa dan diimplementasikan untuk menjernihkan asap cairnya.

Untuk lebih lengkap mengenai arang aktif, kunjungi artikel cara membuat arang aktif.

Cara Membuat Karbon Aktif Dari Tempurung Kelapa

Proses pembuatan arang aktif dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  1. Pengaktifan secara fisika: caranya yaitu dengan memanaskan bahan baku pada suhu yang cukup tinggi (600–900 °C) pada kondisi miskin udara (oksigen), kemudian pada suhu tinggi tersebut di alirkan media pengaktif seperti uap air dan CO2.
  2. Pengaktifan kimiawi: bahan baku sebelum di panaskan di campur dengan bahan kimia tertentu seperti KOH, NaOH, K2CO3 dan lain sebagainya. Biasanya pengaktifan secara kimiawi tidak membutuhkan suhu tinggi seperti pada pengaktifan secara fisis, tetapi di perlukan tahap pencucian setelah di aktifkan untuk membuang sisa-sisa bahan kimia yang di pakai.

Sekarang ini telah berlangsung pengembangan penggabungan antara metode fisika dan kimia untuk mendapatkan sekaligus kelebihan dari kedua tipe pengaktifan tersebut.

Pembuatan arang ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan salah satunya kebersihan. Jika kebersihan dalam pembuatan arang ini kurang, maka hasilnya juga akan tidak bagus.

Cara Pembuatan

1. Langkah pertama yaitu dengan membuat arang tempurung kelapa.

Tepurung kelapa yang telah di bersihkan dari bahan pengotor seperti, tanah, serabut dan kerikil kemudian di cuci hingga bersih. Dalam pencucian sebaiknya tidak dilakukan sekali saja, agar kualitas tempurung kelapa terjaga.

2. Tempurung kelapa yang sudah dibersihkan, dijemur ditempat yang bersih dan dibawah sinar matahari.

Pengeringan tempurung kelapa kira kira 1-2 hari. Sebaiknya saat malam hari di tempatkan di tempat yang tidak terjangkau oleh hujan.

3. Setelah tempurung kering kemudian lanjut ke pembakaran.

Pembakaran tempurung kelapa sebaiknya di lakukan pada drum/bak pembakaran dengan suhu 300-500 0C selama 3-5 jam. Pastikan semua baian tempurung kelapa terbakar, agar menghasilkan arang yang bagus.

4. Ambil arang tempurung kelapa hasil pembakaran dan rendam.

Lakukan perendaman arang dengan bahan kimia CaCl2 dan ZnCl2 (kadar 25 %) selama 12 sampai 24 jam untuk menjadi arang aktif.

5. Selanjutnya melakukan pencucian dengan air suling/air bersih

Bersihkan seluruh kotoran yang menempel pada arang hingga bahan tersebut terpisahkan.

6. Arang aktif basah dihamparkan pada rak dengan suhu kamar untuk ditiriskan

Setelah arang aktif telah di tiriskan, kemudian dikeringkan dalam oven pada suhu 110 – 8000C selama 3 jam. Suhu aktivasi mempengaruhi kualitas karbon aktif yang terbentuk.

Dari uji kualitas karbon aktif yang dilakukan, kualitas karbon aktif yang terbaik diperoleh pada suhu 800oC dengan kadar air 1,3 %, kadar abu 0,60 % memenuhi standar SII 0258-79 dan memiliki daya serap terhadap kadar iod sebesar 580,0 mg/g yang memenuhi standar SNI 06-3730. Penjernihan air limbah rumah tangga, air berwarna menggunakan karbon aktif dari suhu aktivasi 800oC menghasilkan air yang jernih, tidak berbau dan memenuhi pH standar air (7,0-7,5).

Jika anda masih kesulitan dalam membuat arang, maka gunakan mesin briket arang kelapa.

Demikian artikel tentang cara membuat karbon aktif dari tempurung kelapa. Semoga dapat membantu anda dan apabila terdapat jesalahan dalam penulisan, mohon dimaafkan.

Sampai jumpa di artikel yang selanjutnyaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *