Categories
Uncategorized

Cara Membuat Foam Susu Manual Untuk Membuat Latte Art

Pada artikel kali  ini saya akan membuat cara membuat foam susu manual untuk membuat latte art. Simak untuk mengetahui cara buatnya.

Seni latte merupakan cara untuk menyiapkan kopi dengan menuangkan susu panas ke dalam secangkir espresso dan menciptakan suatu pola atau desain di atas permukaan latte.

Selain itu bisa pula dengan langung “menggambar” di lapisan atas busa atau foam susu. Seni latte ini cukup sulit dibuat secara konsisten, hal ini karena membutuhkan kondisi yang tepat antara espresso dan susu.

Latte

Saat memesan kopi dengan susu di kedai ataupun cafe kopi ala Italia, salah satu jenis kopi yang menjadi pilihan favorit kebanyakan orang Indonesia adalah caffe latte atau cappucino.

Namun di balik kedua racikan minuman tersebut, ada salah kaprah yang seringkali terjadi di Indonesia. Caffe latte adalah kopi espresso yang diberi susu. Cara membuat coffee latte memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan cara membuat cappucino.

Menurut barista asal Italia, Eduardo Vastolo, orang Indonesia kerap saat memesan kopi ini hanya menyebut “latte” saja. Hal ini terpengaruh kebiasaan di kedai kopi di Amerika Serikat.

Jika mereka menginginkan secangkir kopi yang dicampur dengan susu, maka mintalah caffe latte, bukan latte saja.

Ada caffe latte, tapi tidak ada yang minum,” tambahnya. Sementara itu cappucino adalah salah satu jenis racikan kopi yang disajikan dengan steamed milk.

Berbeda dengan di Indonesia, di negara asalnya yakni Italia, tak ada orang yang memesan cappuccino lewat dari pukul 10.00 pagi.

Menurut pakar kopi yang berasal dari Italia, orang-orang di Italia hanya meminum cappucino untuk sarapan di pagi hari

Hal ini karena cappuccino mengandung susu, yang menurut orang Italia, bisa mengenyangkan layaknya satu kali makan.

“Cappucino mengandung lebih banyak susu dibanding kopi, sehingga penuh kalori,” ucap Giuseppe. Meskipun begitu, atas permintaan wisatawan, banyak kedai kopi yang ada di Italia menyajikan cappuccino hingga siang hari. Namun, kedai kopi tersebut pasti tidak akan menerima pesanan cappuccino pada sore dan malam hari.

Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art

Cara Membuat Foam Susu Untuk Latte Art

  1. Caranya adalah dengan mengisi toples tersebut dengan susu. Jangan isi toples itu terlalu penuh, dan sisakan ruang dalam toples untuk menampung busa yang nantinya akan muncul.
  2. Setelah itu, tutup lalu kocok toples yang sudah diisi dengan susu agak lama, sampai susu itu mengeluarkan busa.
  3. Buka tutupnya, lalu masukkan ke dalam microwave selama kurang lebih setengah menit. Foam tersebut akan naik ke atas, dan panas dari microwave akan membuatnya menjadi stabil.
  4. Tuang foam susu tersebut ke dalam kopimu dengan menggunakan sendok.

Tapi kalau kamu mempunyai mesin untuk membuat cappuccino ya tentunya akan menjadi lebih baik lagi, karena foam susu kamu akan lebih sempurna lagi.

Jadi, dengan cara apa pun kamu akan membuat foam susu, jangan pernah menyepelekan jenis susu yang akan kamu gunakan untuk cara membuat foam susu manual, karena pengaruhnya besar terhadap hasil akhir:

  1. Susu tanpa lemak: Memang susu jenis ini paling mudah untuk dijadikan foam, tapi rasanya tak terlalu enak ketika digabungkan dengan kopi nanti.
  2. Susu rendah lemak: Nah, jika susu tanpa lemak kurang baik untuk membuat fam susu, berbeda dengan susu jenis ini yang sepertinya paling sempurna untuk dijadikan foam, karena selalu mudah untuk membentuk busa, lemak yang masih terdapat di dalamnya membuat kopi kita terasa lebih nikmat ketimbang dengan pilihan pertama di atas.
  3. Whole milk: Jika kamu merupakan pemula, membuat foam dengan susu jenis ini memang menjadi tantangan tersendiri, tapi rasanya paling enak karena memiliki kandungan lemaknya yang paling banyak.

Orang Italia selalu membuat foam susu yang terbuat dari whole milk, dan mereka pasti akan terlihat kebingungan kalau kita minta susu rendah lemak untuk di buat pada kopi kita.

Membuat milk foam dengan cara ini tentunya tidak hanya bisa dibuat di rumah. Tapi juga bisa kamu lakukan saat kamu sedang berada di kantor.

Sebagai penutup, selain kamu harus ingat bahwa susu yang baik adalah semakin tinggi kadar lemak dalam susu itu akan semakin baik bentuk foamnya.

Semakin segar dan semakin dingin susu yang akan digunakan, akan semakin baik pula hasil akhir foam-nya dan tentunya latte kamu akan menjadi terasa lebih nikmat.

Demikian artikel tentang cara membuat foam susu manual yang saya buat kali ini. Jangan lupa untuk mengunjungi situs artikel kami yang lain cara buat foam susu manual.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *