Categories
Uncategorized

Cara Buat Ice Americano Yang Enak Dan Menyegarkan

Ice Americano adalah minuman yang sering ada di cafe-cafe. Dan kali ini saya akan membahas cara buat ice americano yang menyegarkan. Minuman ini simple dengan rasa yang unik, seperti teh tawar namun beraroma kopi.

Rasa kopi ini tawar, bahkan cenderung pahit. Meskipun begitu, banyak drama korea yang menampilkan para aktor dan aktrisnya meminum Ice Americano ini, sehingga Ice Americano ini menjadi terkenal.

Ice Americano ini komposisinya begitu sederhana, hanya berupa espresso dicamour dengan air plus es batu. Rasanya yang tawar cenderung pahit dengan aroma yang khas ini dipercaya bisa membuat mata yang mengantuk menjadi segar kembali.

Tiada campuran cream atau gula, hanya pure espresso dicampur air. Percaya tidak percaya, tingkat kekerenan akan bertambah jika memesan minuman yang satu ini.

Beberapa Resep Dan Cara Buat Ice Americano

cara buat  ice americano

1.Cara Buat Ice Americano

Untuk membuat Kopi ice americano caranya cukup sederhana, yang kamu perlukan adalah beberapa buah kopi, dan beberapa air hangat yang ingin di seduh.

Bahan-bahan yang diperlukan 

  • Coffee atau Kopi (untuk kopi kita bisa pakai Nescafe Classic )
  • Ice atau Es batu secukupnya
  • Gelas dengan ukuran 450 ml – 500 ml
  • Gelas kecil 1 buah untuk orang lain yang ingin mencicipi
  • Air hangat

Cara Membuatnya

  1. Pertama panaskan air di teko atau sejenisnya, air jangan terlalu panas ( kurang lebih 60 derajat – 70 derajat celcius)
  2. Kedua masukkan 1 1/2 sachet coffee nescafe classic ke dalam gelas kecil dan tuangkan air panas tadi sebanyak 100 ml atau secukupnya yang kamu perlukan.
  3. ketiga masukkan es batu secukupnya kedalam gelas tadi
  4. Keempat tuangkan kopi dari gelas kecil (100Ml) kedalam gelas yang sudah diisi es batu, lalu tambahkan air dingin sebanyak 200ml – 250ml jika ingin manis tambahkan Gula.
  5. Kelima : Ice Americano siap disajikan.

Perbedaan Ice Americano, Ice Coffee, dan Cold Brew :

Ice Americano

Minuman klasik americano hanya menggunakan espresso, dan air. Untuk cara buat ice americano tinggal menambahkan es batu saja.

Berbeda dengan kopi biasa yang diseduh dengan air panas dengan jumlah air yang standar, espresso terbuat dari ekstrak dari biji kopi yang diproses dengan mesin tekanan tinggi dan sedikit air.

Nah, untuk membuat americano diperlukan kopi espresso. Jika Anda memiliki mesin penyeduh espresso (espresso maker) makan Anda bisa membuat americano di rumah.

Ice Coffee

Sederhananya, ice coffee merupakan es kopi sama persis seperti apa kedengarannya. Kopi yang diseduh kemudian disajikan dengan tambahan es batu. Metode pembuatannya pun sangat mudah, caranya hanya perlu menyeduh bubuk kopi, lalu mendinginkan kopi tersebut dan menuangkan es batu ke dalam gelas.

Rasa kopinya juga bisa beragam, tergantung pada jenis biji kopi yang digunakan. Jika kopi yag digunakkan adalah robusta, maka rasanya akan lebih pahit dibandingkan dengan menggunakan kopi arabika. Selain itu, lamanya penggilingan biji kopi juga dapat menentukan tingkat keasaman dari kopi tersebut.

Cold Brew

Kopi ini terlihat hampir menyerupai ice coffee, namun proses pembuatan cold brew tidak semudah dengan ice coffee. Yang membuat cold brew terasa berbeda adalah karena kopi ini dibuat dengan memakai metode “perendaman” selama 8 sampai 12 jam.

Tidak seperti pada umumnya kopi yang bubuk biji kopinya diseduh dengan air panas, berbeda dengan cold brew yang menggunakan faktor lamanya durasi /waktu untuk mengekstraksi kopi dengan air suhu ruang atau dengan menggunakan air dingin.

Ini jugalah yang begitu membedakan antara rasa cold brew dengan kopi biasanya. Hasilnya, rasa dari cold brew pun cenderung lebih ringan dan istimewa. Setelah waktu ekstraksi kopi cold brew ini selesai, kopi disaring lalu disajikan, atau dicampurkan dengan susu.

Demikian artikel yang saya buat kali ini, jangan lupa untuk mengunjungi situs yang lain cara membuat es americano di rumah.

Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda. Selamat mencoba.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *