Categories
Uncategorized

Cara Membuat Telur Dadar Padang Yang Nikmat dan Lezat

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat telur dadar padang yang nikmat dan lezat Cara pembuatanya mudah dan bahan yang dibutuhkan gampang diperoleh.

Telur Dadar Padangtelur dadar padang

Telur dadar padang adalah variasi hidangan telur yang digoreng disiapkan dengan cara mengocok telur dan menggorengnya lalu dikasih dengan bumbu-bumbu padang dan dimasukan ke dalam minyak goreng atau mentega panas di sebuah wajan.

 

Nah setelah melihat sejarah teresebut saya ada barang bagus nih buat para ibu – ibu yang suka masak – masakan yang dipanggang, dengan menggunakan panggangan sosis ini para ibu akan lebih mudah memanggang dan tentunya lebih enak dipandang.

Resep Membuat Telur Dadar Padang

bahan-bahan telur dadar padang :

  • 3 butir telur ayam
  • 5 sdm kelapa parut
  • 3 sdm tepung beras
  • 2 batang daun bawang
  • 1 batang seledri

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir kemiri
  • 1/4 sdt ketumbar
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 cm Kunyit
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Lada bubuk
  • Secukupnya Kaldu bubuk

cara membuat telur dadar padang :

  1. Sangrai kelapa dengan minyak kurang lebih secukupnya sampai agak kekuningan, lalu disisihkan. Kemudan larutkan tepung beras menggunakan air matang, jangan sampai terlalu cair.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan kemudian bahan bahan (bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, cabai, dan kunyit) langsung di masukkan ke dalam adonan tepung beras bersama dengan kelapa.
  3. Tambahkan garam, lada, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk adonan hingga rata dan tidak perlu dikocok.
  4.  Sediakan minyak lalu tuangkan di teflon (kalau bisa ukuran teflon kecil) secukupnya saja , lalu tunggu hingga panas.
  5. Masukkan adonan telur yang sudah disiapkan, kecilkan api supaya telur tidak mudah menjadi gosong. Diamkan telur dan tunggu hingga dasarnya menjadi tidak lembek.
  6. Jika sudah sedikit agak mengeras, kemudian balik-balik adonan dengan hati-hati, jangan sampai saat dibalik adonan menjadi hancur. Diamkan adonan berapa saat hingga menjadi mengering dan matang semourna.
  7. Jika sudah matang dan berbau harum, tiriskan telur dan matikan api dan potong-potong telur sesuai dengan selera dan sajikan.

Trik saat menggoreng telur dadar

  1. Membuat Telur Tidak Terlalu Padat
    Supaya telur menjadi tidak terlalu padat dan keras, kita bisa menambahkan dengan air. Air yang ditambahkan tidak perlu banyak-banyak, cukup 2 – 3 sendok makan untuk setiap 5 butir telur.
  2. Aduk telur saat digoreng
    Karena sengaja dibuat menjadi tebal, telur tentu lebih sulit untuk matang. Begitu dituangkan ke dalam panci lalu aduk-aduk telur seperti membuat telur orak-arik.
  3. Tujuannya supaya telur yang sudah berkulit di dasar wajan bisa naik ke atas dan memberikan kesempatan telur cair untuk berkulit juga.
  4. Dengan begitu, tidak akan ada telur yang terlalu gosong dan masih terlalu cair dan kurang matang. Pastikan aduk telur dengan hati-hati, ya.
  5. Tutup Wajan Saat Proses Menggoreng Telur
    Gunakan api kecil dan tutup wajan setelah telur dadar tebal mulai mengeras. Tujuannya supaya telur bisa matang sempurna.
  6. Bila bagian dalam kurang matang, telur bisa patah saat dibalik.
  7. Gunakan dua wajan
    Telur dadar tebal bisa patah kalau dibalik dengan menggunakan spatula. Kita bisa menggunakan dua buah wajan yang sama besarnya.

Manfaat Mengkonsumsi Telur

  1. Untuk kesehatan mata

Telur mempunyai kandungan antioksidan kuat yang dapat mempertahankan kesehatan di retina mata, sehingga kesehatan mata tetap terjaga walaupun sudah belanjut usia.

Lutein, yang banyak terkandung di dalam kuning telur, dapat membantu mengurangi risiko banyak penyakit, seperti penyakit katarak dan degenerasi makula (yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang tua dan yang sudah lanjut usia), penyakit mata yang sangat sering terjadi dimana saat orangyang sudah bearumur . Di samping itu, vitamin A yang terkandung didalam telur tentunya dapat membantu menjaga kesehatan mata anda dan terlindungi.

  1. Untuk menjaga kesehatan otak

Telur mengandung banyak kolin, zat yang sangat berpengaruh dikelompokkan dalam vitamin B. Kolin dapat membantu menjaga kesehatan dan melindungi bagian saraf otak karena sangat penting untuk dibutuhkan membangun dan membentuk membran sel dan membantu produksi molekul sinyal ang terdapat dalam otak. Selain itu, kolin juga sangat berperan penting dalam mencegah asam amino homosistein, yang berhubungan dengan perkembangan mengobati oragan yang sangat vital seperti penyakit jantung.

Walaupun kolin memberikan manfaat dalam kesehatan, namun anda yang masih kekurangan asupan kolin secara tidak sadar. Dalam satu butir telur lebih baik mengkonsumsi telur yang mengandung kurang lebih 100 gram kolin per hari.

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Telur Dadar Padang Yang Nikmat dan Lezat yang bisa kalian praktikkan di rumah. Kamu juga bisa Budidaya Rumput Odot di Lahan Kering Secara Mudah dan Praktis anda juga bisa membuat Cara Membuat Aneka Makanan Dari Tepung Kanji dan Telur

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *