Categories
Uncategorized

Yuukk Cari Tau Resep Sambal Goreng Tahu Tempe!

Hallo semuanya, ketemu lagi nih! Untuk kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai resep sambal goreng tahu tempe.

Cara membuatnya mudah dan hasilnya enak banget pastinya. Yuk bareng-bareng simak sampai habis ya.

Manfaat Tahu Untuk Kesehatan

resep sambal goreng tahu tempe

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Terdapat kandungan isoflavon yang terdapat pada kedelai di dalam tahu yang di percaya mampu mengurangi peradangan pada pembuluh darah sekaligus juga meningkatkan kelenturannya.

Dengan mengonsumsi sekitar 50 gram kedelai untuk setiap harinya bisa memperbaiki kadar lemak darah dan menurunkan risiko peyakit jantung bisa sampai sebanyak 10%.

  • Baik Untuk Penderita Diabetes

Dengan mengonsumsi isoflavon kedelai sebanyak 100 gram dalam satu harinya bisa mengurangi kadar gula darah sampai 15%.

Kandungan isoflavon pada kedelai juga mampu membantu menurunkan kadar insulin sampai dengan 23%.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Kanker Payudara

Ada manfaat lain dari isoflavon yang berpengaruh baik untuk siklus menstruasi dan juga kadar estrogen.

Bagi wanita yang mengonsumsi produk-produk yang mengandung kedelai resiko kanker payudara menurun sekitar 48% hingga 56%.

  • Baik Untuk Fungsi Otak dan Elastisitas Kulit

Terdapat kandungan isoflavon dan lecithin pada tahu bisa bermanfaat baik untuk fungsi otak dan ingatan.

Lain dari itu fungsi isoflavon juga secara sognifikan bisa mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

resep sambal goreng tahu tempe

  • Sebagai Sumber Kalsium

Kandungan kalsium yang terkandung di dalam tempe ini tidak kalah juga denga kalsium yang terdapat di dalam kandungan susu.

  • Membantu Menurunkan Gula Darah

Tempe terbuat dari kedelai, yang mana kedelai itu mengandung isoflavon dan serat yang mampu mengontrol stabilnya gula darah dan memperbaiki resistensi insulin.

  • Dapat Mencegah Kanker

Terdapat sel-sel abnormal yang terus bermutasi dan menghasilkan sel-sel baru dengan gen yang tidak sempurna itu menjadi sebab adanya kanker.

  • Sebagai Sumber Protein

Tempe memang sangat terkenal dengan kandungan proteinnya. Kandungan protein yang terkandung di dalam tempe itu lebih tinggi kandungannya di bandingkan dari daging.

Oleh karena itulah makanan ini sering kali di jadikan sebagai sumber protein untuk pengganti daging.

Banyak para vegetarian memilih tempe untuk di jadikan menu pengganti sebagai kebutuhan untuk protein.

Resep Sambal Goreng Tahu Tempe

resep sambal goreng tahu tempe

Bahan-Bahan Sambal Goreng Tahu Tempe

  1. 5 kotak tahu putih atau kuning
  2. 1 papan tempe ukurang sedang
  3. 5 siung bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 2 cabe merah besar
  6. 2 cabe hijau besar
  7. 5 cabe rawit
  8. 2 tomat buah sedang
  9. 2 sendok teh garam
  10. 3 sendok teh kecap manis
  11. 400 ml minyak goreng
  12. gula merah/gula jawa secukupnya
  13. ketumbar bubuk secukupnya
  14. penyedap rasa sesuai selera

Langkah-Langkah Membuat Sambal Goreng Tahu Tempe

  1. Langkah pertama adalah siapkan tahu dan tempe kemudian potong semua berbentuk kotak seperti dadu dengan menggunakan pisau.
  2. Kemudian siapkan minyak goreng dan panaskan dengan menggunakan api yang sedang.
  3. Jika minyak sudah panas, goreng tahu dan tempe sampai berwarnya kuning keemasan dan di tiriskan.
  4. Selanjutnya siapkan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe hijau, cabe rawit, tomat, dan juga garam kemudian haluskan semuanya dengan menggunakan blender atau ulekan.
  5. Lalu panaskan minyak goreng kemudian di gunakan untuk menumis  bumbu yang telah di haluskan tadi.
  6. Jika sudah masukkan juga potongan cabe, tomat, gula merah, kecap manis, dan juga ketumbar bubuk.
  7. Tunggu bumbu sampai bergelembung-gelembung dan kemudian masukkan tahu dan tempe yang sudah di goreng tadi.
  8. Aduk sampai tahu dan tempe tercampur rata semuanya dengan bumbu dan tunggu sampai meresap.
  9. Sambal goreng tahu tempe sudah siap di sajikan dan di nikmati dengan nasi hangat.
  10. Untuk kalian yang ingin menjualnya, kemaslah sambal goreng tahu ini menggunakan hand sealer agar aman dan terlindungi.

Jadi itu dia resep membuat sambal goreng tahu tempe dan juga cara membuatnya. Jangan lupa di coba di rumah masing-masing ya.

Untuk kalian yang ingin lebih tau resep-resep mengenai olahan tempe bisa cek artikel cara membuat kerupuk tempe, cara membuat tempe bacem rumahan, cara membuat tempe orek kering, dan cara membuat gorengan tempe.

Selamat Mencoba! Terima kasih!

Categories
Uncategorized

Inilho Rahasia Cara Membuat Otak – otak Udang Goreng

Hello teman – teman, kesempatan kali ini aku akan berbagi informasi “Cara Membuat Otak – otak Udang Goreng”, pastinya udah ngga asing ya dengan makanan ini? otak otak sendiri merupakan salah satu jajanan yang biasanya berbahan dasar udang namun ada juga otak – otak yang berbahan dasar bukan hanya dari udang saja, kalian bisa baca artikel seputar otak – otak pada link ini resep otak – otak udang, cara membuat otak – otak udang, otak – otak udang kelapa, otak – otak udang goreng di artikel tersebut banyak sekali info unik tentang otak – otak yuk simak!

Jenis Udang Yang Bagus Dikonsumsi

  • Udang Jerbung
  • Udang Windu
  • Udang Ronggeng
  • Udang Dogel
  • Udang Kipas
  • Udang Karang
  • Udang Flower

Cara Membuat Otak – otak Udang Goreng

RESEP DAN CARA MEMBUAT OTAK OTAK GORENG SEAFOOD DAN AYAM - CEMILAN ENAK  YANG BERGIZI - YouTube

Bahan – bahan :

Bahan biang :

  • 400 gr terigu
  • 800 ml air
  • 20 biji bawang putih (sudah dihaluskan)

Bahan kering :

  • 800 gr tepung tapioka
  • 4 sdm tepung beras
  • 2 sdm gula
  • 2 sdm lada
  • 1 sdm penyedap rasa
  • 10 helai daun bawang (sudah dicincang)
  • garam secukupnya

Bahan lain :

  • 30 ekor udang ukuran sedang
  • 2 telur

Langkah Membuat Otak – otak Udang Goreng :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan udang pisahkan dari kepala, kulit tebal dan kotorannya, beri perasan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis, setelah itu sisihkan
  3. Campurkan semua bahan kering pastikan teraduk sampai rata, sisihkan terlebih dahulu
  4. Siapkan kulit udang tadi dan siapkan juga air untuk merebus si kulit udang, cara membuat kaldu udang dengan merebus kulit udang hingga berubah warna menjadi keorenan, rebus udang dan telur pada wadah terpisah
  5. Jika kulit udang sudah menjadi oren, saring kulit udang dan ambil airnya saja, karena airnya merupakan kaldu udang
  6. Siapkan wajan/ penggorengan masukkan tepung terigu dan kaldu udang tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk dan pastikan tidak ada yang menggumpal
  7. Masukkan juga daun bawang dan bawang putih aduk – aduk sampai merata
  8. Haluskan udang yang sudah direbus bersama telur tadi, haluskan menggunakan blender sampai benar – benar halus dan hancur, letakkan pada wadah setelah itu sisihkan
  9. Masukkan adonan bahan biang tadi ke wadah udang yang sudah dihaluskan aduk – aduk sampai adonan biang tidak menggumpal
  10. Masukkan juga bahan bahan kering sedikit demi sedikit dan aduk – aduk sampai adonan menjadi kalis
  11. Bentuk adonan sesuai selera biasanya adonan mempunyai bentuk lonjong dan pipih, sambil membentuk adonan sambil merebus air, pada saat membentuk otak – otak setelah terbentuk semua masukkan otak – otak ke dalam rebusan air dan biarkan sampai otak – otak mengapung
  12. Otak – otak udang goreng bisa langsung digoreng bisa juga di simpan di lemari pendingin terlebih dahulu, tapi lebih baik gunakan alat vacuum sealer yang merupakan alat press kedap udara karena dengan alat ini otak – otak udang goreng akan tersimpan di lemari pendingin lebih baik.
  13. Namun jika ingin digoreng, siapkan minyak panas dengan api sedang goreng otak – otak hingga berwarna kecokelatan jika sudah berubaha warna bisa langsung di angkat dan di tiriskan
  14. otak – otak udang goreng siap disajikan

Gimana nih kalian udah baca – baca kan artikel di atas? ada banyak sekali kreasi cara membuat otak – otak udang goreng mulai dari yang  original sampai yang unik -unik dan di atas merupakan resep yang menurut aku paling mudah diikuti step by step nya selamat berkreasi teman – teman

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Karbon Aktif Dari Tempurung Kelapa

Hallo Semuanyaaaa! Lama tidak berjumpa, semoga hari ini pun selalu sehat ya! Pada artikel ini kita akan membahas cara membuat karbon atif dari tempurung kelapa. Yuk Cari Tau!

cara membuat karbon aktif dari tempurung kelapa

Karbon Aktif atau biasa kita sebut arang aktif merupakan senyawa karbon amorph, yang dapat dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung karbon atau dari arang yang diperlakukan dengan cara khusus untuk mendapatkan permukaan yang lebih luas. Arang aktif dapat mengadsorpsi gas dan senyawa-senyawa kimia tertentu atau sifat adsorpsinya selektif, tergantung pada besar atau volume pori-pori dan luas permukaan. Arang aktif akan dibuat dari arang hasil pirolisis tempurung kelapa dan diimplementasikan untuk menjernihkan asap cairnya.

Untuk lebih lengkap mengenai arang aktif, kunjungi artikel cara membuat arang aktif.

Cara Membuat Karbon Aktif Dari Tempurung Kelapa

Proses pembuatan arang aktif dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  1. Pengaktifan secara fisika: caranya yaitu dengan memanaskan bahan baku pada suhu yang cukup tinggi (600–900 °C) pada kondisi miskin udara (oksigen), kemudian pada suhu tinggi tersebut di alirkan media pengaktif seperti uap air dan CO2.
  2. Pengaktifan kimiawi: bahan baku sebelum di panaskan di campur dengan bahan kimia tertentu seperti KOH, NaOH, K2CO3 dan lain sebagainya. Biasanya pengaktifan secara kimiawi tidak membutuhkan suhu tinggi seperti pada pengaktifan secara fisis, tetapi di perlukan tahap pencucian setelah di aktifkan untuk membuang sisa-sisa bahan kimia yang di pakai.

Sekarang ini telah berlangsung pengembangan penggabungan antara metode fisika dan kimia untuk mendapatkan sekaligus kelebihan dari kedua tipe pengaktifan tersebut.

Pembuatan arang ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan salah satunya kebersihan. Jika kebersihan dalam pembuatan arang ini kurang, maka hasilnya juga akan tidak bagus.

Cara Pembuatan

1. Langkah pertama yaitu dengan membuat arang tempurung kelapa.

Tepurung kelapa yang telah di bersihkan dari bahan pengotor seperti, tanah, serabut dan kerikil kemudian di cuci hingga bersih. Dalam pencucian sebaiknya tidak dilakukan sekali saja, agar kualitas tempurung kelapa terjaga.

2. Tempurung kelapa yang sudah dibersihkan, dijemur ditempat yang bersih dan dibawah sinar matahari.

Pengeringan tempurung kelapa kira kira 1-2 hari. Sebaiknya saat malam hari di tempatkan di tempat yang tidak terjangkau oleh hujan.

3. Setelah tempurung kering kemudian lanjut ke pembakaran.

Pembakaran tempurung kelapa sebaiknya di lakukan pada drum/bak pembakaran dengan suhu 300-500 0C selama 3-5 jam. Pastikan semua baian tempurung kelapa terbakar, agar menghasilkan arang yang bagus.

4. Ambil arang tempurung kelapa hasil pembakaran dan rendam.

Lakukan perendaman arang dengan bahan kimia CaCl2 dan ZnCl2 (kadar 25 %) selama 12 sampai 24 jam untuk menjadi arang aktif.

5. Selanjutnya melakukan pencucian dengan air suling/air bersih

Bersihkan seluruh kotoran yang menempel pada arang hingga bahan tersebut terpisahkan.

6. Arang aktif basah dihamparkan pada rak dengan suhu kamar untuk ditiriskan

Setelah arang aktif telah di tiriskan, kemudian dikeringkan dalam oven pada suhu 110 – 8000C selama 3 jam. Suhu aktivasi mempengaruhi kualitas karbon aktif yang terbentuk.

Dari uji kualitas karbon aktif yang dilakukan, kualitas karbon aktif yang terbaik diperoleh pada suhu 800oC dengan kadar air 1,3 %, kadar abu 0,60 % memenuhi standar SII 0258-79 dan memiliki daya serap terhadap kadar iod sebesar 580,0 mg/g yang memenuhi standar SNI 06-3730. Penjernihan air limbah rumah tangga, air berwarna menggunakan karbon aktif dari suhu aktivasi 800oC menghasilkan air yang jernih, tidak berbau dan memenuhi pH standar air (7,0-7,5).

Jika anda masih kesulitan dalam membuat arang, maka gunakan mesin briket arang kelapa.

Demikian artikel tentang cara membuat karbon aktif dari tempurung kelapa. Semoga dapat membantu anda dan apabila terdapat jesalahan dalam penulisan, mohon dimaafkan.

Sampai jumpa di artikel yang selanjutnyaa!

Categories
Uncategorized

Mengenal Minyak Atsiri Sereh Wangi Lebih Dalam

Hello everyone! Kali ini saya akan menjelaskan ke kalian semua mengenai minyak atsiri sereh wangi. Untuk mengenal lebih dalam tentang minyak atsiri sereh wangi, yuk simak penjelasan berikut

Minyak Atsiri Sereh Wangi

Sereh merupakan salah satu rempah rempah yang cukup popular di Indonesia. Sereh memiliki manfaat yang sangat banyak yaitu mulai dari mengatasi gangguan pencernaan hingga mencegah kanker. Selain digunakan untuk memasak, sereh juga dapat diolah menjadi minyak atsiri.

minyak atsiri sereh wangi

Minyak atsiri adalah minyak yang diekstrak dari berbagai jenis tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat Kesehatan. Cara membuat minyak atsiri menggunakan alat penyulingan yang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri.

Cara Membuat Minyak Atsiri Sereh Wangi

Alat dan bahan

  • Alat penyulingan
  • Sereh wangi
  • Air

Cara membuat:

  1. Yang pertama yaitu masukkan air kedalam alat penyulingan secukupnya
  2. Kemudian masukkan sereh kedalam ketel suling, isolasi pinggiran ketel untuk mencegah panas mengalir keluar
  3. Setelah beberapa saat, minyak atsiri akanmulai terlihat pada tabung pemisah

Note:

Jika menggunakan 1 ton daun, kamu membutuhkan waktu sekitar 5 jam penyulingan dengan kecepatan 120kg uap / jam

Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Dapur

minyak atsiri sereh wangi

Sereh wangi dan sereh dapur ternyata berbeda lho! Berikut adalah perbedaan sereh dapur dan sereh wangi:

  1. Bentuk daun

Sereh wangi : memiliki bentuk daun yang lebih Panjang yang panjangnya mencapai 90-100 cm

Sereh dapur : memiliki daun yang lebih pendek dengan Panjang 60 cm

  1. Warna batang

Sereh wangi : warna batangnya kemerahan, dan cenderung mengarah pada warna ungu sehingga sereh wangi ini sering disebut dengan sereh merah

Sereh dapur : warna batangnya biasanya berwarna kehijauan dengan warna pangkal batangnya berwarna putih

  1. Aroma

Sereh wangi : kandungan utama yang terdapat pada sereh wangi yaitu berupa citronella, dan apabila diremas daunnya akan mengeluarkan aroma seperti minyak tawon atau minyak telon serta sereh wangi memiliki aroma yang lebih segar

Sereh dapur : sereh dapur memiliki kandungan sitral. Aroma yang dimiliki sereh dapur cenderung khas dan sulit di deskripsikan namun sekilas miliki aroma seperti lemon

Manfaat Minyak Atsiri Sereh Wangi

minyak atsiri sereh wangi

  1. Pengusir serangga alami

Sejak tahun 1948, minyak atsiri sereh wangi telah terdaftar sebagai penolak serangga di Amerika Serikat. Bahkan minyak ini mampu mengusir nyamuk aedes aegypti.

Cara menggunakan minyak sereh wangi ini yaitu dengan mengoleskan setiap 30-60 menit sekali untuk mempertahankan efektivitasnya sebagai pengusir serangga.

Dan kalian juga bisa mencampurkannya dengan beberapa tetes minyak kelapa dan digunakan sebagai lotion. Ataupun dengan cara lain yaitu melarutkan beberapa tetes minyak atsiri sereh wangi kedalam botol spray yang berisi air dan digunakan untuk menyemprotkan pada tubuh kalian atau pada pakaian.

  1. Mengurangi stress

Minyak sereh wangi bermanfaat untuk menenangkan pikiran  dan mengurangi stress serta meningkatkan kualitas tidur kalian. Caranya yaitu dengan mendifusikan di rumah, untuk memijat atau menyemprotkan ke tempat tidur.

  1. Membantu system pencernaan

Minyak ini juga bermanfaat mengurangi peradangan dan membantu detoksifikasi hati, perut, dan usus. Kandungan senyawa tertentu yang terdapat pada minyak atsiri sereh wangi ini dapat mencegah pertembuhan bakteri dalam saluran pencernaan dan mempercepat penyembuhan penyakit hingga luka.

  1. Pembersih dapur

Sifat anti jamur dan sifat anti bakteri kuat yang terdapat pada minyak sereh wangi sehingga dapat membantu membersihkan dapur, kamar mandi atau peralatan rumah tangga lainnya tanpa menggunakan bahan kimia.

Selain itu, kandungan senyawa methyl isoeugenol pada minyak ini efektif mengurangi pathogen dari makanan bahkan hingga bakteri yang berbahaya sekaligus.

  1. Perawatan kulit

Para peneliti menunjukkan bahwa, minyak sereh wangi bisa membantu menyembuhkan dermatitis, megobati eksim, mencegah penuaan dini, menyembuhkan luka bekas gigitan serangga dan mengobati infeksi jamur pada kulit

Efek samping

Menurut U. S Enviromental Protection Agency menyatakan bahwa minyak sereh wangi memiliki toksisitas yang sangat sedikit saat digunakan sebagai obat anti nyamuk yang dioleskan pada kulit.

Dan juga menurut U.S. Food & Drug Administration juga menganggap bahwa minyak ini secara umum aman digunakan secara topical. Minyak sereh wangi telah terbukti sangat aman digunakan bahkan untuk anak anak dan orang yang memiliki kulit yang sensitive.

Meskipun begitu, kalian tetap disarankan menggunakannya dalam jumlah kecil dan sesuai takaran untuk memastikan kalian tidak mengalami reaksi alergi seperti , bengkak, gatal gatal atau kemerahan

Sudah cukup paham bukan mengenai minyak atsiri sereh wangi. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini serta untuk kritik dan saran kalian bisa tuliskan pada kolom komentar

Terima kasih…

Categories
Uncategorized

Buat Cemilan Sehat Dari Jamur Tiram yang Gampang Banget

Haloo guys! Artikel kali ini saya akan berbagi tips nih. Bagaimana cara buat keripik jamur tiram yang krispi enak dan juga gurih dijamin deh bikin nagih.

Selain jamur tiram, jamur lain juga bisa diolah jadi keripik loh anda bisa menbacanya disini cara membuat keripik jamur, di artikel itu juga terdapat analisis usaha keripik jamur loh.

Nah untuk anda yang tertarik dengan usaha keripik jamur ini tapi model yang anda punya sedikit jangan bersedih. Untuk produksinya anda bisa menggunakan alat masak yang ada di dapur kalian. Anda hanya perlu membeli alat perekat plastik atau hand sealer untuk pengemasannya.

Apa sih Hand sealer ini? Alat ini berguna untuk merekatkan plastik, sehingga keripik yang ada di dalamnya tidak kemasukan udara luar yang menyebabkan keripik tidak renyah lagi.

sebelum saya jelaskan bagaimana cara buat keripik jamur tiram, udah tau belum nih manfaat dari jamur tiram itu sendiri? simak kuy

Kandungan Gizi Jamur Tiram

Saat ini jamur menemukan berbagai jenis, bentuk, dan ukuran yang berbeda-beda di pasaran sangatlah mudah. Mungkin saja anda juga pernah sesekali atau bahkan sering, sulit untuk membedakan jenis jamur jadi sering tertukar saat menyebut nama jamurnya.

Dari banyaknya jenis jamur yang tersedia, jamur tiram merupakan salah satu jamur yang seringkali dimakan karena rasanya yang bisa dikatakan enak dan juga proses pengolahannya yang cukup mudah.

Jamur yang terkenal dengan ciri utamanya ini yang mirip bentuk kipas dan warnanya yang putih, dapat diolah jadi berbagai macam makanan sesuai dengan selera anda.

Selain diolah dengan cara digoreng menggunakan tepung, jamur yang satu juga dapat ditumis ataupun dimasak jadi sup bersama dengan sayur-sayuran yang lain. Bahkan, beberapa orang juga suka mengolahnya sebagai pengganti daging, contohnya menjadi pepes jamur.

Kalau rasa sudah nggak diragukan lagi kan, bagusnya sih jangan hanya tahu rasanya yang enak saja. Apakah anda tau dan memahami sepenuhnya nutrisi apa saja yang ada dalam jamur tiram ini?

Pada Jamur tiram yang memiliki berat sekitar 100 gram (gr) dapat menyumbangkan:

  • 30 kalori energi
  • 1,9 gr protein
  • 0,1 gr lemak
  • 5,5 gr karbohidrat
  • serta 3,6 gr serat.

Tidak hanya sampai di situ saja, anda juga akan mendapat berbagai macam asupan vitamin dan juga mineral saat memakan jamur tiram ini. Mulai dari vitamin B, vitamin D, kalsium, zat besi, natrium, fosfor, kalium, tembaga, dan juga seng.

Tidak heran kan jika jamur tiram termasuk dalam bahan makanan sehat yang pantas untuk anda pertimbangkan pemakaiannya.

Cara Buat Keripik Jamur Tiram

Bahan – Bahan Untuk Membuat Keripik Jamur Tiram

  • 4 bungkus jamur tiram
  • 2 siung bawang putih
  • 5 sdm tepung terigu
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 2 sdm tepung meizena
  • Minyak goreng

Cara Buat Keripik Jamur Tiram

  1. Cuci bersih jamur tiram, setelah itu peras jamur hingga tidak berair lagi. Suwir jamur sesuai dengan ukuran sesuai selera anda.
  2. Haluskan bawang putih, setelah halus campur bersama jamur tiram, masukkan juga garam dan gula. Aduk jamur tiram dengan diberi sedikit tekanan agar bumbunya meresap. Jangan lupa lupa untuk memeriksa rasanya, jika dirasa masih ada yang kurang anda bisa menambahkan bumbu.
  3. Setelah itu campurkan kedua tepung yang sudah disiapkan tadi sampai merata pada tempat yang berbeda berbeda, pastikan dasar wadah yang dipakai datar.
  4. Peras jamur kembali agar nanti mendapatkan hasil yang krispi saat penggorengan. Selanjutnya masukkan jamur ke dalam tepung dan bedaki jamur hingga terbalur sempurna.
  5. Masukkan minyak ke dalam wajan dan nyalakan api sedang. Setelah minyak sudah panas masukkan jamur yang sudah di saring dari tepung tepung tadi.
  6. Goreng jamur sembari di aduk terus menerus hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan jamur agar minyak nya tidak ikut dengan keripik terlalu banyak.
  7. Keripik siap dinikmati atau anda bisa menyimpannya di toples

Nah gampang banget kan guys cara buatnya semoga bermanfaat dan membantu ya. Terima kasih.

Categories
Uncategorized

Ingin Memulai bisnis? Yuk Lihat Cara Jualan Frozen Food

Hallo everyone. Bagaimana kabar kalian semua nih?? Semoga baik-baik saja yaa. Okee.. Pada kesempatan kali ini aku bakalan kasih tau gimana sih cara jualan frozen food yang benar. Maka dari itu, yukk simak penjelasan dibawah ini.

Cara Memulai Bisnis Frozen Food

Cara Jualan Frozen Food

Hal pertama yang harus kalian persiapkan untuk memulai bisnis ini adalah dengan melakukan riset mengenai kondisi pasar. Kalian harus mencari tahu area mana saja yang tertarik dengan frozen food atau tidak tertarik. Jika langkah tersebut sudah kalian lakukan, maka selanjutnya kalian tinggal menerapkan langkah berikutnya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Tentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Cara Jualan Frozen Food

Untuk memulai bisnis ini mulailah dengan memikirkan dengan tepat jenis produk makanan beku apa yang akan kalian jual. Menentukan jenis produk olahan makanan beku di awal akan mempermudah langkah lainnya yang kemudian akan diambil untuk memastikan bisnis frozen food ini berjalan dengan lancar.

Kalian bisa memilih untuk menjual makanan beku berupa daging atau produk olahan daging, atau bisa juga beberapa jenis makanan beku lainnya yang juga sangat praktis saat akan disajikan seperti potongan kentang goreng, nugget, ataupun bakso. Ini juga tergantung pada kemampuan produksi kalian sendiri nantinya.

2. Perhitungkan Modal Awal yang Dibutuhkan

Jika kalian sudah menentukan produk bisnis frozen food apa yang akan kalian pilih. Maka langkah berikutnya kalian harus mulai menghitung anggaran modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis makanan beku ini. Hitung kebutuhan apa saja yang harus kalian sertakan dalam perhitungan modal awal ini. Modal awal ini termasuk biaya yang dikeluarkan jika kalian harus bekerjasama dengan vendor atau pemasok kebutuhan bisnis frozen food ini. Pastikan perhitungan modal awal ini dilakukan dengan serinci mungkin.

3. Siapkan peralatan utama

Saat kalian menghitung modal awal yang akan digunakan, bisa juga sekalian mengkategorikan kebutuhan-kebutuhan primer hingga yang sifatnya tidak mendesak. Fokuskan anggaran modal kalian untuk membelanjakan peralatan-peralatan yang utama terlebih dahulu seperti mesin pendingin untuk menyimpan stok makanan beku.

Kalian bisa berinvestasi sedikit lebih mahal dengan membeli mesin pendingin makanan yang memiliki kualitas terbaik, daripada menghadapi hal-hal yang tidak kalian inginkan seperti mesin mengalami kerusakan jauh sebelum masa depresiasinya tiba. Hal ini akan merugikan karena operasional bisnis akan sangat terhambat. Belum lagi jika kalian harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki mesin atau bahkan membeli mesin yang baru.

4. Pikirkan metode pengemasan

Cara Jualan Frozen Food

Hal penting lainnya yang harus kalian perhatikan dalam bisnis frozen food adalah pengemasan untuk produk frozen food itu sendiri. Pengemasan produk yang baik akan mendukung kualitas frozen food itu sendiri. Oleh sebab itu. gunakanlah plastik khusus yang dibuat untuk makanan beku.

Plastik yang digunakan untuk membungkus untuk frozen food biasanya tidak memiliki pori sehingga makanan bisa tahan lebih lama. Makanan beku juga perlu untuk divakum saat dikemas untuk membuang udara yang ada di dalam ruang penyimpanan frozen food tersebut dan membuatnya menjadi kedap udara.

Kalian bisa menggunakan vacuum sealer untuk memvakum plastik pembungkusnya supaya frozen food anda kedap udara dan akan lebih tahan lama. Beri juga label pada kemasan frozen food, serta keterangan kadaluarsa produk tersebut.

Selain pengemasan, teknik penyimpanan stok frozen food juga sangat penting untuk diperhatikan. Kalian harus pastikan konsistensi suhu penyimpanan pada mesin pendingin yang kalian gunakan untuk menyimpannya, yaitu tidak lebih dari 18 derajat celcius.

Itu dia tips cara jualan frozen food yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih dan sampai jumpa!

Categories
Uncategorized

10 Jenis Minyak Esensial Untuk Rambut

Hai everyone! Kali ini saya akan menjelaskan minyak esensial untuk rambut. Jika kalian mengalami masalah pada rambut seperti rambut yang kering, lepek, kulit kepala terasa gatal atau berketombe, kamu bisa mengatasinya dengan minyak esensial yang sering digunakan sebagai aromaterapi.

Minyak Esensial Untuk Rambut

Berbagai macam jenis minyak esensial seperti lavender, tea tree sangat baik untuk mengatasi masalah rambut dan kulit kepala. Minyak esensial ini harganya cukup terjangkau dan biasa dijual dengan kemasan kecil.

minyak esensial untuk rambut

Atau kalian juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Cara membuat minyak esensial terbilang cukup mudah dan alat yang di gunakan cukup sederhana yaitu bisa menggunakan alat destilasi minyak atsiri ataupun alat yang kalian punya di rumah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat minyak esensial untuk rambut, simak artikel berikut ini

10 Jenis Minyak Esensial Untuk Rambut

  1. Minyak cendana ( Sabdalwood )

Minyak cendana biasa digunakan untuk mengatasi masalah rambut kasar, kusut dan kering. Untuk mengatasi masalah tersebut kalian dapat menggunakan minyak esensial cendana, geranium, lavender, mawar, dan lemon. Gunakan minyak jojoba, avokad, wijen, atau minyak almond sebagai bahan campurannya

  1. Minyak peppermint

Rambut kalian lepek dan berminyak? Kalian bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak esensial yang beraroma kuat seperti peppermint, sereh, rosemary, kayu cedar, cemara, kayu putih, dan kemangi ( basil ). Kalian cukup memijat kepala kalian dengan minyak esensial yang telah dicampur dengan minyak wijen atau jojoba.

  1. Minyak sage

Rambut juga bisa mengalami penuaan dini atau biasa disebut dengan beruban. Rambut beruban ini membutuhkan terapi yang menggunakan minyak esensial yang memiliki sifat mendinginkan. Salah satu jenis minyak yang memiliki sifat mendinginkan yaitu minyak sage yang mampu membantu menghitamkan rambut seperti semula.

  1. Minyak tea tree

Minyak tea tree ini memiliki manfaat sebagai antiseptic yang mampu untuk mengatasi jerawat dan ketombe yang disebabkan karena jamur. Cara mengatasi masalah tersebut yaitu kalian dengan mencampurkan beberapa tetes minyak tea tree pada shampoo yang biasa kalian pakai.

  1. Minyak rosemary

Kandungan antioksidan pada minyak rosemary dikenal dapat mengatasi masalah rambut yang rontok. Dan apabila digunakan untuk memijat kepala, minyak ini juga mampu menjadikan aliran darah pada kepala menjadi cukup sehat untuk menahan akar rambut

  1. Minyak mawar

minyak esensial untuk rambut

Minyak mawar dikenal sangat baik dalam mengatasi dan mencegah rambut bercabang. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan 10 tetes minyak mawar dengan 2 sendok makan getah lidah buaya kemudian oleskan pada ujung rambut

  1. Minyak lemon

Minyak lemon ini dipercaya dapat mengatasi masalah pada kulit kepala seperti kulit kepala yang terasa kering dan mengelupas. Cara mengatasinya yaitu dengan memijat kulit kepala dengan menggunakan minyak lemon, lavender, cedarwood, atau thyme.

  1. Minyak lavender

minyak esensial untuk rambut

Minyak lavender bermanfaat untuk menyehatkan kulit kepala kita. Apabila kulit kepala sehat, maka rambut akan tumbuh dengan subur. Selain itu minyak lavender juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut tipis. Caranya yaitu dengan memijat kulit kepala dengan minyak lavender, lakukan secara rutin untuk menutrisi kulit kepala

  1. Minyak bergamot

Manfaat minyak bergamot ini yaitu meningkatkan pertumbuhan rambut, melindungi kulit kepala supaya tetap sehat, mengurangi peradangan, serta mempercepat penyembuhan luka pada kulit kepala kalian

  1. Minyak chamomile

Minyak chamomile ini memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Tidak hanya minyak chamomile yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat namun minyak lavender, sage, almond, clary, dan kernel apricot juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisannya. Untuk kritik dan saran bisa kalian isi pada kolom komentar

Terima kasih…

Categories
Uncategorized

Resep Membuat Keripik Bawang Yang Mudah Gimana Ya?

Hai teman-teman, gimana kabar kalian semua? Nah ketemu lagi, pada kesempatan kali ini saya akan membahas lagi mengenai keripik bawang yaitu resep membuat keripik bawang.

Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas bisa kalian cek juga ya Cara Membuat Keripik Bawang Renyah.

Buat yang penasaran, simak semua penjelasannya sampai habis ya. Biar kalian paham dan mudah bikinnya di rumah.

Yukk baca sampai selesai!

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

resep membuat keripik bawang

  • Menurunkan Tekanan Darah Dan Kolesterol

Di dalam bawang putih itu terdapat ekstrak yang bisa memperbaiki profil kolesterol dan penurunan tekanan darah hingga secara signifikan.

  • Kesehatan Jantung Terjaga

Terdapat komponen minyak yang ada di dalam bawang putih ini yang bisa membantu menyehatkan jantung supaya sehat.

  • Mencegah Flu

Dengan mengonsumsi rutin bawang putih bisa membantu mengurangi frekuensi penyakit influenza sekaligus bisa mencegahnya lho.

  • Mengurangi Risiko Kanker Paru-Paru

Jika mengonsumsi bawang putih mentah minimal sebanyak 2 kali dalam 1 minggu akan membuat penerunan risiko kanker paru-paru hingga 44%.

  • Mencegah Kerusakan Hati

Kerusakan hati biasanya di sebabkan karena kebiasaan yang buruk mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka yang panjang.

Dengan khasiat bawang putih, hal ini bisa di cegah. Terdapat kandungan diallyl disulfide (DADS) yang bisa melindungi hati dengan melawan stres oksidatif yang di sebabkan oleh etanol.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

resep membuat keripik bawang

  • Meningkatkan Sistem Imun

Terdapat kandungan selenium yang ada di dalam bawang merah yang di percaya bisa meningkatkan sistem imun tubuh kita sehingga bisa terhindar dari penyakit.

  • Mengatasi Radang Tenggorokan

Bawang merah memiliki kandungan quercetin yang bisa membantu menurunkan atau meredakan radang pada tenggorokan.

  • Memperkuat Penglihatan

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah ini bisa merangsang produksi protein berupa glutathione yang memiliki antioksidan.

Terdapat juga kandungan vitamin E di dalam bawang merah yang juga bermanfaat sekali bagi kesehatan mata kita.

Resep Membuat Keripik Bawang

resep membuat keripik bawang

Bahan-Bahan Keripik Bawang

  1. Tepung terigu 200 gram
  2. Tepung tapioka 20 gram
  3. Mentega/margarin 30 gram
  4. Bawang putih 2 siung, di haluskan
  5. Bawang merah besar 10 siung, di parut
  6. Telur ayam 1 butir
  7. Seledri 4 batang, di ambil daun seledrinya saja
  8. Perasa atau kaldu ayam 1 sendok teh
  9. Baking powder 1/2 sendok teh
  10. Air es 4 sendok makan (bisa di ganti dengan air santan)
  11. Garam 1/4 sendok teh

Langkah-Langkah Membuat Keripik Bawang

  1. Pertama-tama, siapkan wadah kemudian masukkan tepung terigu dan campurkan dengan tepung tapioka hingga tercampur rata semuanya.
  2. Lalu, kocok telur hingga berbusa dan masukkan bawang putih, baking powder, perasa ayam, garam, daun seledri.
  3. Kemudian aduk semua bahan tadi sampai semuanya tercampur dengan rata. Jika sudah rata, masukkan mentega.
  4. Aduk sampai tercampur semuanya. Masukkan campuran tepung terigu dan tepung tapioka sedikit demi sedikit.
  5. Lalu, masukkan air secara sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata semuanya.
  6. Uleni adonan menggunakan tangan sampai menggumpal dan tidak lengket (adonan jangan sampai terlalu keras, karena nanti mempengaruhi hasil keripik baawangnya juga bisa keras).
  7. Kemudian jika sudah, bentuk adonan menggunakan rolling pin atau menggunakan botol kaca. Giling adonan sampai benar-benar tipis sekali.
  8. Setelah itu, potong adonan menjadi persegi kecil atau segita atau bisa sesuai selera kalian dengan menggunakan pisau.
  9. Siapkan minyak goreng, panaskan minyak dan goreng adonan keripik bawang dengan menggunakan api kecil saja.
  10. Goreng sampai matang merata semua dan angkat kemudian di tiriskan.
  11. Setelah semua proses selesai, keripik bawang sudah siap di sajikan dan di nikmati.
  12. Bagi kalian yang ingin menjualnya bisa di masukkan dalam kemasan, kemaslah seblak kering ini menggunakan hand sealer agar aman dan terlindungi dan juga tidak mudah melempem.

Itulah resep membuat keripik bawang dan juga tips membuatnya. Kalian bisa banget mencobanya di rumah.

Teman-teman ikutin langkah-langkah di atas dengan baik ya, supaya hasilnya baik juga!

Selain bisa pelajari artikel ini dan yang di atas tadi, kalian bisa coba pelajari cara bikin kerupuk, cara membuat seblak mie kerupuk, cara membuat seblak kering kerupuk.

Terima kasih! See You!

Categories
Uncategorized

Cara Bikin Kerupuk Kentang? Cari Tahu Yuk

Kentang, sayur yang satu ini mempunyai penggemar yang sangat banyak khususnya di Indonesia. Karena rasanya yang enak diolah menjadi makanan apapun. Pada artikel ini saya akan berbagi tips bagaimana cara bikin kerupuk kentang nih guys.

Nah kerupuk kentang ini bisa anda jadikan sebagai usaha loh, karena belum terlalu banyak pedagang yang menjual kerupuk kentang ini, kebanyakan dari mereka lebih memilih menjual keripik kentang. Anda bisa membaca analisis usahanya di artikel berikut cara membuat kerupuk kentang.

Untuk anda yang ingin memulai usaha ini tetapi modalnya terbatas anda bisa menggunakan peralatan masak yang anda punya loh. Anda hanya perlu membeli alat perekat plastik atau hand sealer untuk pembungkusannya.

Sebelum itu udah pada tau belum nih manfaat Kentang itu apa aja? berikut ada pembahasannya:

Gizi Pada Kentang

Kentang sebagai salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, kentang sendiri menawarkan berbagai macam manfaat bagi kesehatan anda. Tentu saja manfaat tadi bisa anda rasakan apabila kentang diolah dengan cara sehat tanpa ditambah lemak dan garam yang berlebihan.

Kandungan gizi kentang bisa didapatkan dengan baik apabila anda mengolahnya dengan cara mengukus, merebus, ataupun dengan memanggangnya.

Popularitas kentang pernah menurun apalagi semenjak tren diet rendah karbohidrat menanjak. Padahal sebenarnya, selama anda mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang tepat anda masih tetap bisa menurunkan berat badan, karbohidrat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh anda sebagai sumber energi dan juga memiliki fungsi penting lainnya.

Pada saat anda mengonsumsi kentang, tidak hanya karbohidrat yang bisa anda dapatkan, tetapi anda juga bisa mendapatkan nutrisi lainnya yang diperlukan oleh tubuh kita. Lebih lengkapnya, berikut ini ada kandungan gizi kentang yang bisa didapatkan jika anda mengkonsumsi 100 gram kentang rebus beserta kulitnya.

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan kandungan gizi yang paling banyak yang ada di dalam kentang. Pada sekitar 100 gram kentang yang di rebus, terdapat sekitar 20 gram karbohidrat.

Nutrisi ini biasanya disimpan dengan bentuk pati, walaupun sebagian ada yang berbentuk gula. Makanan ini mempunyai indeks glikemik yang lumayan tinggi, jadi indeks ini tidak cocok bila dikonsumsi penderita diabetes.

Namun apabila diolah dengan baik dan juga benar, indeks glikemik ini bisa berkurang dan tidak memberikan risiko lagi bagi kenaikan gula darah yang besar bagi para penderita diabetes. 

2. Serat

Kentang memanglah bukan merupakaan sumber serat yang paling baik, tetapi bahan makanan ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian tubuh anda terutama apabila dikonsumsi dengan kulitnya. Karena dalam 100 gram kentang yang di rebus, ada sekitar 2 gram serat.

3. Protein

Jumlah protein yang ada pada kentang tidaklah terlalu banyak, hanya ada sekitar 2 gram dari 100 gram kentang yang di rebus. Tetapi, protein yang ada pada kentang adalah protein yang berkualitas tinggi dikarenakan sangat mudah untuk dicerna dan juga kentang mengandung asam amino yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Meskipun secara kuantitas terbilang cukup rendah, tetapi secara kualitas, protein pada kentang sebenarnya hampir sama dengan yang ada pada telur, bahkan lebih tinggi jika anda bandingkan dengan kacang kedelai dan juga kacang-kacangan yang lainnya.

4. Vitamin dan mineral

Kentang juga mengandung banyak vitamin dan mineral loh, berikut di antaranya:

  • Vitamin C
  • Vitamin B6
  • Kalium
  • Folat
  • Niacin
  • Zat besi
  • Mangan
  • Fosfor
  • Tembaga
  • Magnesium

Anda bisa mendapat kandungan gizi kentang tadi dengan maksimal, sebaiknya anda juga mengonsumsi kulit kentang. Karena sebagian nutrisi tersebut hanya terdapat pada kulitnya saja.

5. Komponen lainnya

Kentang juga memiliki komponen khusus yang hanya ada pada tumbuhan, contohnya seperti polifenol yaitu salah satu jenis antioksidan.

Cara Bikin Kerupuk Kentang

Bahan – Bahan untuk Bikin Kerupuk Kentang

  • 500 g kentang yang sudah dikukus dan haluskan.
  • 500 g tepung tapioka
  • 2 1/2 sdt baput bubuk
  • 1 bks kaldu bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt munjung merica bubuk
  • secukupnya air hangat
  • irisan daun bawang (optional)

Cara Bikin Kerupuk Kentang

  1. Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan, lalu uleni dengan tangan sampai kalis. Bentuklah menjadi seperti lontong kecil atau bentuk sesuai dengan selera anda.
  2. Rebus adonan kerupuk didalam panci yang sudah berisi air yang sudah dipanaskan sampai mendidih. Apabila adonan sudah mengapung, angkat adonan. Lakukan sampai lontongannya habis.
  3. Masukkan lontongan ke dalam kulkas semalaman atau sampai mengeras. Potong adonan dengan tipis lalu tata di atas tampah atau bisa juga di atas loyang.
  4. Jemur kerupuk kentang dibawah sinar matahari sampai kering. Setelah kerupuk benar – benar kering, gorenglah kerupuk ke dalam minyak yang panas dengan api sedang.

Nah gampang banget kan guys cara bikin kerupuk kentang, selamat mencoba dirumah ya. Terima kasih.

Categories
Uncategorized

Penasaran Cara Bikin Udang Tempura? Yuk Simak Artikel Ini

Hello everyone, kesempatan kali ini aku akan berbagi informasi seputar “Cara Bikin Udang Tempura” dan sedikit informasi seputar manfaat udang yuk simak yuk!

Manfaat Udang 

udang segar - Berita Moneter Dan Keuangan

  • Udang mengandung sumber nutrisi
  • Udang mampu membantu proses penurunan berat badan
  • Udang merupakan antioksidan kuat yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini

1. Cara Bikin Udang Tempura 

6 Cara Membuat Tempura Udang khas Jepang yang Mudah Dimasak di Rumah | Blog  Sayurbox

Bahan – bahan :

  • 700 gram udang ukuran sedang
  • 350 gram tepung sebaguna
  • 150 gram tepung terigu
  • Tepung roti/ tepung panir seperlunya
  • 2 butir telur ayam
  • 1 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1 1/2 sdt penyedal rasa
  • 1 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1 1/2 sdt oregano
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam seperlunya

Langkah Bikin Udang Tempura :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Cuci bersih udang, pisahkan dari kulit, kepala dan kotorannya.
  3. Baluri udang dengan perasan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis pada udang
  4. Diamkan udang sebentar di dalam lemari pendingin, sampai perasan jeruk nipis dan garam mampu mengurangi bau amis, jika sudah bisa dikeluarkan dari lemari pendingin lalu sisihkan
  5. Masukkan tepung terigu dan penyedap rasa dalam satu wadah
  6. Kocok telur dan tempatkan pada satu wadah
  7. Masukkan tepung panir/ tepung roti dalam satu wadah
  8. Gulingkan udang ke dalam tepung kering( tepung terigu dan penyedap rasa), kocokkan telur, tepung kering, kocokkan telur , terakhir gulingkan udang ke tepung panir
  9. Tempura udang sudah jadi dan bisa langsung digoreng tapi bisa juga disimpan dahulu di alat vacuum sealer yang merupakan alat press kedap udara dengan alat ini, tempura udang akan tersimpan dengan baik
  10. Namun, jika tempura udang akan langsung digoreng, sebelumnya siapkan minyak panas dengan api sedang.
  11. Goreng udang hingga berwarna kuning keemasan jika sudah bisa langsung diangkat dan disajikan

 

2. Cara Bikin Udang Tempura Asam Pedas

  • 300 gram udang ukuran sedang
  • 200 gr tepung terigu
  • penyedap rasa seperlunya
  • 1 1/2 sdt lada bubuk
  • 7 sdm saos tomat
  • 2 sdm saos pedas
  • 1 1/2  buah bawang bombay
  • 1 sdt saos tiram
  • Garam seperlunya

Langkah Bikin Udang Tempura Asam Pedas

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Cuci udang dan pisahkan dari kepala, kulit tebal dan kotorannya beri perasan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis, kemudian sisihkan
  3. Masukkan tepung terigu, penyedap rasa, lada bubuk dalam satu wadah dan aduk aduk sampai tercampur merata.
  4. Ambil 5 sdm tepung yang sudah dicampur tadi ke dalam air secukupnya dan larutkan agar menjadi cair
  5. Rendam semua udang ke dalam larutan tepung yang sudah dicairkan kurang lebih 20 menit setelah itu simpan terlebih dahulu pada lemari pendingin
  6. Setelah dimasukkan ke dalam lemari pendingi selama 20 menit, udang bisa dikeluarkan, setelah itu gulingkan udang ke dalam adonan tepung kering tadi setelah digulingkan diratakan agar terbaluri tepung secara sempurna
  7. Siapkan minyak panas dengan api sedang, goreng tempura udang hingga berwarna kuning keemasan jika sudah bisa diangkat kemudian tiriskan
  8. Dilanjut membuat saos asam pedas, pertama – tama tumis bawang bombay hingga mengeluarkan bau harum, masukkan saus tomat, saus pedas, saus tira, dan garam secukupnya aduk aduk sampai meletup – meletup
  9. Setelah meletup – meletup, matikan api dan biarkan sedikit dingin, setelah itu baru dituangkan ke tempura udang tadi
  10. Udang tempura pedas asam siap dinikmati

Gimana teman – teman kalian udah baca artikel di atas? kalian juga bisa menambah wawasan seputar udang tempura dengan membaca cara membuat tempura jajanan sekolah, cara membuat tempura sayur jangan lupa disimak ya teman – teman